PANDUAN AKADEMIK

A. Pengertian Dasar

  1. Sistem Kredit Semester (SKS) adalah suatu sistem penyelenggaraan pendidikan dengan menggunakan sks untuk menyatakan beban studi mahasiswa, beban kerja dosen, pengalaman belajar, dan beban penyelenggaraan program.
  2. Semester adalah satuan waktu kegiatan yang terdiri atas 16 sampai 19 minggu kuliah atau kegiatan terjadwal lainnya berikut kegiatan iringannya, termasuk 2 sampai 3 minggu kegiatan penilaian.
  3. Satuan Kredit Semester (SKS) adalah takaran penghargaan terhadap pengalaman belajar yang diperoleh selama satu semester melalui kegiatan terjadwal perminggu sebanyak 1 jam perkuliahan atau 2 jam praktikum atau 4 jam kerja lapangan yang masing-masing diiringi oleh sekitar 1-2 jam kegiatan terstruktur dan sekitar 1-2 jam kegiatan mandiri.
  4. Penasehat Akademik (PA) adalah dosen yang ditunjuk untuk memberikan bimbingan akademik kepada sejumlah mahasiswa dengan peran sebagai berikut:
    • membantu mahasiswa bimbingannya dalam mengenal minat, bakat dan kemampuan akademiknya;
    • membantu mahasiswa bimbingannya merencanakan studinya dalam menentukan pilihan dan penetapan mata kuliah yang akan diikutinya setiap semester;
    • memberikan motivasi kepada mahasiswa bimbingannya agar mempunyai ketabahan/kemampuan dalam menghadapi kendala akademiknya sehingga dapat menemukan sendiri pemecahan masalahnya;
    • membantu mahasiswa bimbingannya yang mempunyai masalah personal dan sosial agar mahasiswa yang bersangkutan dapat memecahkan sendiri permasalahannya.

Fungsi Pembimbing Akademik (PA):

  • Memonitor perkembangan mahasiswa bimbingannya dengan jalan mengevaluasi hasil belajarnya setiap semester;
  • Memberikan bimbingan secara intensif kepada mahasiswa bimbingannya yang pencapaian hasil studi semesternya relatif rendah dan/atau menurun, sehingga mahasiswa yang bersangkutan menemukan jalan yang terbaik untuk pemecahannya;
  • Mengidentifikasi kendala akademik, personal, dan sosial mahasiswa bimbingannya yang diperkirakan mempengaruhi penurunan dan/atau rendahnya hasil studinya;
  • Membantu mahasiswa bimbingannya merencanakan studi sesuai dengan hasil studi semester sebelumnya.

 

Kewajiban PA:

  • Membimbing sebanyak-banyaknya 15 orang mahasiswa;
  • Mencari informasi dari Ketua Jurusan/Program Studi tentang nama-nama mahasiswa bimbingannya; Kartu Hasil Studi (KHS) terbaru mahasiswa bimbingannya; keadaan terakhir fakultasnya dan/atau Universitas.
  • Menentukan jadwal bimbingan;
  • Mempelajari masalah akademik, personal, dan sosial mahasiswa bimbingannya;
  • Membicarakan hasil studi mahasiswa bimbingannya pada semester sebelumnya;
  • Membicarakan rencana studi mahasiswa bimbingannya pada semester berikutnya;
  • Menandatangani Kartu Rencana Studi (KRS) dan Kartu Perubahan Rencana Studi (KPRS) mahasiswa bimbingannya;
  • Memberikan pertimbangan kepada Ketua Jurusan/Program Studi bagi mahasiswa bimbingannya yang mengajukan permohonan penundaan kegiatan akademik (PKS);
  • Menyimpan arsip KRS dan KPRS mahasiswa bimbingannya yang telah ditandatangani oleh Kepala Sub Bagian Akademik/Pembantu Dekan I/Ketua Jurusan/Ketua Program Studi;
  • Memonitor perkembangan studi mahasiswa bimbingannya dengan cara menjadwalkan pertemuan dengan mahasiswa bimbingannya sekurang-kurangnya 5 kali setiap semester;
  • Mengadakan pertemuan khusus dengan mahasiswa bimbingannya menjelang ujian tengah semester, akhir semester, dan akhir program;
  • Mengadakan konsultasi dengan dosen lain yang mengasuh mata kuliah yang diikuti oleh mahasiswa bimbingannya;
  • Melaporkan perkembangan studi mahasiswa bimbingannya kepada Ketua Program Studi/Ketua Jurusan;
  • Memonitor kembali hasil ujian semester yang baru diikuti oleh mahasiswa bimbingannya.

 

B. Pengertian Satu Kredit Semester

  1. Perkuliahan:
    Bagi mahasiswa, satu kredit semester perkuliahan adalah beban kegiatan per minggu sebagai berikut:
    • 50 menit tatap muka terjadwal dengan tenaga pengajar;
    • 60 menit kegiatan akademik terstruktur, yaitu kegiatan yang tidak terjadwal, tetapi direncanakan oleh dosen, misalnya dalam bentuk membuat pekerjaan rumah atau menyelesaikan soal-soal;
    • 60 menit kegiatan akademik mandiri yaitu kegiatan yang harus dilakukan oleh mahasiswa secara mandiri, untuk mendalami, mempersiapkan atau tujuan lain suatu tugas akademik, misalnya membaca bahan acuan.

    Bagi tenaga pengajar, satu kredit semester perkuliahan adalah beban kegiatan per minggu sebagai berikut:

    • 50 menit acara tatap muka terjadwal dengan mahasiswa;
    • 60 menit acara perencanaan dan evaluasi kegiatan akademik terstruktur;
    • 60 menit pengembangan materi kuliah.
  2. Seminar dan Kapita Selekta:
    Untuk seminar dan kapita selekta, di mana mahasiswa diwajibkan memberikan penyajian pada suatu forum, pengertian satu kredit semester sama seperti pada perkuliahan, yaitu mengandung acara 50 menit tatap muka per minggu.
  3. Praktikum Laboratorium:
    Nilai satu kredit semester untuk praktikum atau kerja di laboratorium adalah beban tugas praktikum adalah beban tugas praktikum atau kerja di laboratorium sebanyak 2 atau 3 jam per minggu selama satu semester.
  4. Kerja Lapangan dan sejenisnya:
    Nilai satu kredit semester untuk kerja lapangan dan sejenisnya adalah beban tugas di lapangan sebanyak 4 sampai 5 jam per minggu selama satu semester.
  5. Penelitian, Penyusunan Skripsi, Tesis dan sejenisnya:
    Nilai satu semester adalah beban tugas penelitian sebanyak 3 sampai 4 jam selama satu bulan, di mana satu bulandianggap setara dengan 25 hari kerja.

 

C. Kemampuan Mengambil Beban Studi

  1. Ukuran kemampuan:
    Beban studi mahasiswa dalam satu semester ditentukan atas dasar rata-rata waktu kerja sehari dan kemampuan individu. Secara normal seorang mahasiswa bekerja siang hari 6-8 jam dan malam hari 2 jam selama 6 hari berturut-turut, sehingga mahasiswa akan mampu belajar 8-10 jam sehari atau 48-60 jam seminggu.
  2. Penentuan besar beban:
    Nilai satu kredit semester setara dengan 3 jam kerja, maka beban studi mahasiswa untuk tiap semester akan sama dengan 16-10 kredit semester. Dalam penentuan beban studi satu semester, perlu juga diperhatikan kemampuan individual.

 

D. Beban Studi

  1. Beban studi mahasiswa Program Diploma (S0), meliputi:
    • Program Diploma I, antara 40-50 sks, dijadwalkan untuk 2-4 semester
    • Program Diploma II, antara 80-90 sks, dijadwalkan untuk 4-6 semester
    • Program Diploma III, antara 110-120 sks, dijadwalkan untuk 6-10 semester
    • Program Diploma IV, antara 144-160 sks, dijadwalkan 8-14 semester
  2. Beban studi mahasiswa Program Sarjana (S1), antara 144-160 sks dijadwalkan untuk 8 semester (dapat kurang dari 8 semester) dan maksimal 14 semester;
  3. Beban studi Program Magister (S2) antara 36-50 sks, dijadwalkan 4 semester (dapat kurang dari 4 semester) dan maksimal 10 semester;
  4. Beban studi Program Doktor (S3):
    • Bagi peserta yang berpendidikan Magister (S2) sebidang, sekurang-kurangnya 40 sks, dijadwalkan untuk 5-10 semester;
    • Bagi peserta yang berpendidikan Magister (S2) tidak sebidang, sekurang-kurangnya 52 sks, dijadwalkan untuk 5-11 semester.

 

E. Pengambilan Beban Studi:

  1. Beban studi yang harus diambil oleh mahasiswa baru pada semester pertama sebanyak 18 sampai 20 sks. Untuk semester berikutnya beban studi maksimum yang dapat diambil ditentukan oleh indeks prestasi semester terakhir.
  2. Besarnya beban studi yang dapat diambil untuk semester berikutnya ditentukan oleh indeks prestasi semester sebelumnya sebagai berikut:
    • IP >= 3,00 maksimal sebanyak 24 sks
    • IP 2,50 - 2,99 maksimal sebanyak 21 sks
    • IP 2,00 - 2,49 maksimal sebanyak 18 sks
    • IP 1,50 - 1,99 maksimal sebanyak 15 sks
    • IP < 1,50 maksimal sebanyak 12 sks
  3. Penilaian hasil belajar:
    • Terhadap kegiatan dan kemajuan belajar mahasiswa dilakukan penilaian secara seksama dan berkala, yang dapat berbentuk ujian pelaksanaan tugas, dan pengamatan oleh dosen. Ujian dapat diselenggarakan melalui ujian harian, ujian tengah semester, ujian akhir semester, ujian skripsi, ujian tesis, dan ujian disertasi;
    • Nilai hasil belajar dinyatakan dengan huruf A, B, C, D, dan E yang masing-masing bernilai dengan nilai mutu:
      A=4, B=3, C=2, D=1, dan E=0.

 

F. Putus Studi

  1. Mahasiswa Program S0 dinyatakan putus studi apabila:
    • Pada akhir tahun pertama mahasiswa tidak dapat mengumpulkan kredit sebesar 26 sks atau;
    • Pada akhir tahun pertama mengumpulkan sebanyak >= 26 sks tetapi dengan IPK < 2,00
  2. Mahasiswa Program S1 dinyatakan putus studi apabila:
    • Pada akhir tahun kedua tidak dapat mengumpulkan kredit sebanyak 52 sks atau;
    • Pada akhir tahun kedua mengumpulkan kredit sebanyak >= 52 sks tetapi dengan IPK < 2,00
  3. Batas Waktu Studi
    Mahasiswa program S0 dan S1 dinyatakan putus studi apabila pada masa akhir studi maksimal yang boleh ditempuhnya untuk S1: 14 semester, S0: 10 semester, tidak dapat mengumpulkan kredit sesuai dengan yang disyaratkan atau telah mengumpulkan kredit sesuai dengan yang disyaratkan tetapi mempunyai IPK < 2,00 atau IPK > 2,00 tetapi mempunyai nilai E
  4. Program Magister (S2)
    Mahasiswa program Magister (S2) dinyatakan putus studi apabila:
    • Pada tahun Pertama tidak dapat mengumpulkan kredit sebanyak 15 sks atau telah mengumpulkan >= 15 sks tetapi mempunyai IPK < 2,75;
    • Pada tahun Kedua tidak dapat mengumpulkan kredit sebesar 30 sks atau telah mengumpulkan kredit >= 30 sks tetapi mempunyai IPK < 2,75;
    • Setelah menempuh sepuluh semester tidak dapat menunjukkan kemampuan untuk menyelesaikan tugas akhir/Tesis.
  5. Program Doktor (S3)
    Mahasiswa program Doktor (S3) dinyatakan putus studi apabila:
    • Telah mendapat 3 kali peringatan, dan setiap peringatan dikeluarkan secara tertulis oleh Direktur Program Pascasarjana karena pada semester yang ditempuhnya mendapat IPK < 3,25;
    • Tidak lulus ujian kualifikasi Kandidat Doktor setelah menempuh maksimal 3 kali kualifikasi;
    • Pada akhir masa studi maksimal yang boleh ditempuhnya tidak dapat memenuhi persyaratan jumlah sks dan/atau IPK < 3,25.

 

G. Kegiatan Akademik

  1. Penyelenggaraan Pendidikan:
    • Kegiatan pendidikan:
      Pendidikan dilaksanakan melalui kegiatan ceramah, diskusi, seminar, simposium, diskusi panel, lokakarya, penelitian, praktik lapangan, praktik laboratorium, atau kegiatan lainnya.
    • Syarat:
      Mahasiswa dapat mengikuti kegiatan pendidikan apabila telah memenuhi persyaratan sebagai berikut:
      • terdaftar sebagai mahasiswa;
      • mengisi dan menyerahkan KRS untuk semester yang ditempuh;
      • memiliki kartu kuliah untuk tiap mata kuliah yang akan diikutinya.
    • Frekuensi kegiatan kuliah:
      • Bila perkuliahan belum mencapai 12 kali (80%) tatap muka, dosen bersangkutan harus melengkapinya sebelum ujian akhir semester (dilaksanakan di luar jadwal perkuliahan yang telah ditetapkan).
      • Kegiatan akademik pada suatu tahun akademik diselenggarakan dalam 2 semester yaitu semester ganjil dan semester genap. Semester ganjil dimulai bulan September-Januari tahun berikutnya, semester genap dimulai Februari-Juni. Jumlah perkuliahan satu semester adalah 19 minggu dengan rincian sebagai berikut:
        • masa pengenalan studi/bimbingan studi 1 minggu;
        • masa kuliah 15 minggu;
        • masa evaluasi tengah semester 1 minggu;
        • masa evaluasi akhir semester 2 minggu.
    • Perubahan Mata Kuliah:
      Setelah perkuliahan berlangsung paling lama 3 minggu, mahasiswa diperkenankan mengubah mata kuliah yang diambilnya semula. Prosedur perubahan ini dilakukan melalui pengisian KPRS dan harus diketahui oleh PA mahasiwa bersangkutan serta Ketua Program Studi/Jurusan. Dalam KPRS harus tercantum semua mata kuliah yang diambil pada semester itu.
  2. Kegiatan Akhir Program
    Bentuk kegiatan akhir program dapat berupa program pengalaman lapangan (PPL), penelitian untuk penyusunan penulisan skripsi, tesis atau disertasi.
    Pelaksanaan kegiatan atau penulisan skripsi atau tesis oleh mahasiswa dibimbing oleh 2-3 orang dosen pembimbing yang terdiri atas pembimbing utama dan pembimbing pembantu.
    Persyaratan untuk menjadi dosen pembimbing adalah:
    • Serendah-rendahnya berpendidikan sarjana lengkap (S1);
    • Menduduki jabatan fungsional sesuai dengan yang diatur dalam SK Menko. Wasbang. Pan No. 38/KEP/MK.WASPAN/8/1999;
    • Apabila persyaratan pada butir b tidak terpenuhi, universitas dapat menetapkan kebijaksanaan lain.
  3. Penilaian Keberhasilan Studi
    • Penilaian Keberhasilan Belajar:
      Penilaian keberhasilan belajar dilakukan dengan cara mendapatkan informasi mengenai jumlah mahasiswa yang telah mencapai tujuan-tujuan yang dirumuskan dalam kurikulum, melalui penyelenggaraan ujian, pemberian tugas, dan sejenisnya. Untuk memperoleh informasi atau data yang mendekati ketepatan perlu diselenggarakan ujian lebih dari satu kali yaitu berupa beberapa kuis, satu kali ujian tengah semester, dan satu kali ujian semester.
    • Cara Ujian:
      Dapat berbentuk ujian tulis, ujian lisan, seminar, atau penulisan karangan. Cara ujian yang digunakan harus disesuaikan dengan tujuan kurikulum, jenis mata kuliah, dan kondisi tenaga pengajar.
    • Sistem Penilaian:
      Keberhasilan belajar mahasiswa dikelompokkan ke dalam sangat baik, baik, cukup, kurang, dan jelek yang dinyatakan dengan nilai masing-masing A, B, C, D, dan E. Selain itu digunakan pula huruf K dan T. Nilai K berarti nilai kurang/belum lengkap karena mahasiswa bersangkutan mengundurkan diri secara sah. Nilai T berarti tidak lengkap karena belum semua tugas mahasiswa diselesaikan tepat pada waktunya. Atas izin dosen yang bersangkutan, tugas tersebut harus diselesaikan oleh mahasiswa dalam waktu tertentu. Apabila mahasiswa tidak dapat menyelesaikan tugas itu tepat pada waktunya maka nilai T diubah menjadi nilai E (gagal).
    • Pelaksanaan Ujian:
      1. Semua kegiatan ujian (kuis, ujian tengan semester, ujian akhir semester) diselenggarakan oleh dosen pengasuh mata kuliah.
      2. Jadwal kuis dan ujian tengah semester disesuaikan dengan jadwal perkuliahan biasa.
      3. Jadwal ujian akhir semester ditetapkan oleh ketua program studi jurusan.
      4. Mahasiswa dapat mengikuti ujian semester bagi suatu mata kuliah apabila telah mengikuti sekurang-kurangnya 80% kegiatan tatap muka mata kuliah tersebut yang dilaksanakan sekurang-kurangnya 12 kali tatap muka.
      5. Mahasiswa yang tidak hadir pada waktu ujian semester dinyatakan gagal, kecuali bagi yang dapat menunjukkan alasan yang sah. Dengan persetujuan rektor dapat diberikan ujian susulan semester yang dilaksanakan oleh dosen pengasuh mata kuliah bersangkutan.
    • Pelaksanaan Penilaian:
      1. Pendekatan:
        Pendekatan yang dipergunakan dapat berupa:
        • Penilaian Acuan Norma (PAN);
        • Penilaian Acuan Patokan (PAP);
        • Gabungan PAN dan PAP.
      2. Pembobotan:
        Nilai akhir suatu mata kuliah harus mencakup nilai praktikum. Misalnya suatu mata kuliah dengan bobot 3 sks (2 sks tatap muka dan 1 sks praktikum), maka nilai akhir mata kuliah tersebut terdiri dari 2/3 berasal dari nilai tatap muka, dan 1/3 nilai praktikum. Nilai akhir tatap muka (kuliah) merupakan gabungan dari 3 macam komponen:
        • Nilai tugas dan kuis dengan bobot 25%;
        • Nilai ujian tengah semester dengan bobot 30%;
        • Nilai ujian akhir semester dengan bobot 45%.
      3. Lambang Nilai Akhir:
        Hasil akhir penilaian diberikan lambang dengan huruf A, B, C, D dan E dan masing-masing huruf mempunyai makna dan bobot prestasi sebagai berikut:
        Nilai Prestasi
        Bobot
        Makna Relatif
        A4
        Sangat baik
        B
        3
        Baik
        C
        2
        Cukup
        D
        1
        Kurang
        E
        0
        Jelek/Gagal
        K
        -
        Kurang lengkap
        T
        -
        Tidak lengkap
      4. Konversi Nilai Lama:
        Perubahan nilai mutlak sistem 0-100 ke dalam sistem relatif dilakukan sebagai berikut:
        Nilai Mutlak Nilai Relatif
        86 - 100
        A
        71 - 85
        B
        56 - 70
        C
        41 - 55
        D
        <= 40
        E
  4. Keberhasilan Studi
    • Indeks Prestasi:
      1. Keberhasilan belajar dinyatakan dengan indeks prestasi (IP) yang dihitung sebagai berikut:

        IP = Sum (K x N) / Sum (K)

        K = beban studi (sks) mata kuliah yang diambil
        N = bobot prestasi masing-masing mata kuliah.
      2. Indeks prestasi semester (IPS) adalah indeks prestasi yang dihitung berdasarkan beban studi yang diambil dalam suatu semester.
      3. Indeks prestasi kumulatif (IPK) adalah indeks prestasi yang dihitung berdasarkan beban studi yang diambil mulai semester I.
    • Tahap-tahap Evaluasi
      1. Evaluasi keberhasilan belajar Program S2 dan S3 dilaksanakan pada tiap akhir semester.
      2. Evaluasi keberhasilan belajar program S1 dilaksanakan sekurang-kurangnya pada tiap akhir semester, pada akhir tahun kedua, dan pada akhir program belajar.
      3. Evaluasi keberhasilan belajar program S0 dilakukan sekurang-kurangnya pada tiap akhir smeester, pada akhir tahun pertama, pada tiap akhir semester, pada akhir tahun pertama dan pada akhir program belajar.
      4. Tujuan evaluasi keberhasilan belajar mahasiswa:
        • menentukan beban belajar yang dapat diambil oleh mahasiswa di semester berikutnya;
        • menentukan putus studi;
        • menentukan akhir program belajar mahasiswa.
    • Perbaikan Nilai
      1. Mahasiswa yang ingin memperbaiki satu atau beberapa nilai harus menempuh kembali mata kuliah bersangkutan.
      2. Mata kuliah yang diperbaiki nilainya itu harus tercantum dalam KRS mahasiswa yang bersangkutan.
      3. Nilai yang diperbaiki dalam menentukan IP dan IPK adalah nilai tertinggi mata kuliah yang diperbaiki itu.
      4. Semua nilai hasil studi mahasiswa harus tercantum dalam transkrip nilai.
    • Semester Khusus
      1. Sejauh diperlukan dapat diselenggarakan kegiatan semester khusus di antara 2 (dua) semester reguler yang ekivalen dengan semester reguler sesuai dengan pengertian Satuan Kredit Semester (sks).
      2. Mata kuliah semester khusus harus tercantum dalam KRS semester khusus.
      3. Semua nilai hasil studi mahasiswa harus tercantum dalam transkrip nilai.
  5. Evaluasi Akhir Program
    • Ujian Akhir Program
      1. Ujian akhir program berbentuk ujian komprehensif atau pendadaran.
      2. Ujian akhir program diselenggarakan oleh suatu panitia yang diangkat dengan surat keputusan Dekan.
      3. Tim penguji berjumlah maksimum 5 orang dan minimum 3 orang,diketuai oleh Dekan/Ketua Jurusan/Pembimbing Utama/Ketua Program Studi. Anggota penguji terdiri pembimbing utama dan dosen penguji lainnya.
      4. Anggota penguji adalah dosen yang memenuhi persyaratan.
    • Materi Ujian Akhir Program
      1. Mahasiswa yang menyusun skripsi/tesis diuji secara komprehensif terutama hal-hal yang berhubungan dengan skripsi/tesis.
      2. Mahasiswa yang tidak menyusun tesis atau skripsi diuji secara komprehensif terhadap materi yang berkaitan dengan disiplin ilmu yang ditetapkan oleh Program Studi masing-masing.
    • Ujian Ulangan
      Mahasiswa yang tidak lulus ujian akhir program pada kesempatan pertama diberi kesempatan mengulang sepanjang batas waktu belajar maksimum belum terlampaui.
    • Yudisium Akhir Program
      Mahasiswa yang telah mengumpulkan sekurang-kurangnya sejumlah kredit minimum yang dipersyaratkan untuk program belajar yang ditempuhnya dinyatakan telah menyelesaikan program belajar apabila memenuhi syarat:
      1. IPK >= 2,00 untuk S0 dan S1;
        IPK >=2,75 untuk S2; IPK >= 3,25 untuk S3
      2. Tidak ada nilai E untuk S0 dan S1, tidak ada nilai D untuk S2 dan S3;
      3. Untuk S0 dan S1 nilai D tidak melebihi 10% dan jumlah kredit yang ditetapkan oleh program studi yang diikuti;
      4. Lulus ujian pendadaran;
      5. Menyelesaikan dengan baik perbaikan tugas akhir, skripsi, tesis, atau disertasi.
    • Kriteria Yudisium
      1. Predikat kelulusan terdiri atas 3 tingkat yaitu memuaskan, sangat memuaskan, dan dengan pujian yang dinyatakan pada transkrip akademik untuk program S0, S1, dan S2, predikat kelulusan terdiri atas 2 tingkat untuk program S3, yaitu sangat memuaskan dan dengan pujian yang dinyatakan pada transkrip akademik.
      2. Indeks Prestasi Kumulatif dan predikat kelulusan Program Diploma (S0) dan Program Sarjana (S1) adalah:
        • IPK 2,00 - 2,75 (memuaskan)
        • IPK 2,76 - 3,50 (sangat memuaskan)
        • IPK 3,51 - 4,00 (maksimum satu nilai C: dengan pujian)
      3. Indeks Prestasi Kumulatif dan predikat kelulusan Program Magister (S2), adalah:
        • IPK 2,75 - 3,40 (memuaskan)
        • IPK 3,41 - 3,70 (sangat memuaskan)
        • IPK 3,71 - 4,00 (tanpa nilai C: dengan pujian)
      4. Indeks Prestasi Kumulatif dan predikat kelulusan Program Doktor (S3) adalah:
        • IPK 3,25 - 3,74 (sangat memuaskan)
        • IPK 3,75 - 4,00 (tanpa nilai C: dengan pujian)
      5. Predikat kelulusan dengan pujian ditentukan juga oleh lama masa studi yaitu:
        • Diploma I (satu setengah tahun)
        • Diploma II (dua setengah tahun)
        • Diploma III (tiga setengah tahun)
        • Program Sarjana (lima tahun)
        • Program Magister (dua setengah tahun)
        • Program Doktor (empat tahun)

 

H. Penundaan Kegiatan Akademik dan Perpindahan Mahasiswa

  1. Penundaan Kegiatan Akademik (PKA)
    • Alasan Penundaan
      Dengan alasan kesehatan (berdasarkan surat keterangan dokter) atau alasan lain sesuai dengan rekomendasi rektor. Mahasiswa dapat menunda kegiatan akademik untuk sementara dengan ketentuan bahwa masa penundaan kegiatan akademik (PKA) dihitung sebagai masa studi. Pada masa PKA mahasiswa bebas dari pembayaran SPP.
    • Syarat Penundaan
      Mahasiswa yang diperbolehkan mengambil PKA adalah yang sudah mengumpulkan sekurang-kurangnya 50% dari beban kredit yang seharusnya diperoleh pada semester yang telah ditempuh sesuai dengan program pendidikan yang ditempuh dan telah terdaftar sebagai mahasiswa sekurang-kurangnya selama dua semester. Mahasiswa yang belum memperoleh sekurang-kurangnya 50% dari beban kredit yang seharusnya diperoleh dan mengajukan penundaan kegiatan akademik secara tidak resmi dinyatakan mengundurkan diri, kecuali:
      1. Sakit yang memerlukan waktu perawatan, dibuktikan dengan surat keterangan dokter dengan penjelasan terperinci;
      2. Menjalankan tugas negara yang dibebankan kepadanya dengan melampirkan surat tugas dari negara (tidak melebihi 2 tahun);
      3. PKA harus seizin Rektor dengan memperhatikan pertimbangan Dekan/Ketua Program.
    • Lama PKA maksimum 2 tahun dan tidak boleh diambil lebih dari 2 semester berturut-turut.
  2. Perpindahan Mahasiswa
    • Dari Universitas Sriwijaya ke Perguruan Tinggi lain:
      Setiap mahasiswa yang terdaftar pada semester yang sedang berjalan dan sedikitnya telah mengikuti kegiatan akademik selama 2 semester dapat mengajukan permohonan pindah ke perguruan tinggi lain. Bagi mahasiswa yang disetujui pindah oleh Rektor tidak dapat diterima lagi di Universitas Sriwijaya.
    • Dalam Universitas Sriwijaya
      Mahasiswa dapat pindah dari satu program studi ke program studi lain di lingkungan Universitas, apabila memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:
      1. Pindah program harus pada program yang sejenis;
      2. Telah mengikuti kegiatan akademik sekurang-kurangnya dua semester dan minimum telah mengumpulkan 26 sks;
      3. Mencapai IPK >= 2,25;
      4. Disetujui pimpinan Fakultas/Jurusan/Program Studi yang bersangkutan.
    • Dari Perguruan Tinggi lain ke Universitas Sriwijaya hanya menerima mahasiswa pindahan dari perguruan tinggi negeri yang memiliki program studi sama, dengan ketentuan:
      1. Alasan kepindahan karena ikut orang tua dengan bukti;
      2. Tidak dikeluarkan dari perguruan tinggi asal karena sebab-sebab tertentu, dengan rekomendasi Rektor bersangkutan;
      3. Bagi mahasiswa yang telah mengikuti kegiatan akademik selama dua semester di perguruan tinggi asal harus mengumpulkan sekurang-kurangnya 26 sks dengan IPK >= 2,25;
      4. Bagi mahasiswa yang telah mengikuti kegiatan akademik selama 4 semester di perguruan tinggi asal harus mengumpulkan sekurang-kurangnya 52 sks dengan IPK >= 2,25;
      5. bagi mahasiswa yang telah mengikuti kegiatan akademik selama 6 semester diperguruan tinggi asal harus mengumpulkan sekurang-kurangnya 78 sks dengan IPK >= 2,25;
      6. Bagimahasiswa yang telah mengikuti kegiatan akademik selama 8 semester di perguruan tinggi asal harus mengumpulkan sekurang-kurangnya 104 sks, kecuali Fakultas Kedokteran 91 sks dengan IPK >= 2,25;
      7. Dalam jurusan/program studi yang sesuai/sama.
    • Cara Mengajukan Permohonan
      Mahasiswa yang ingin pindah ke Universitas Sriwijaya harus mengajukan permohonan kepada Rektor dengan (memenuhi ketentuan-ketentuan pada butir c).
    • Ketentuan Bagi Mahasiswa Pindahan
      1. Mahasiswa pindahan dikenakan ketentuan-ketentuan kurikulum dan jangka waktu studi yang berlaku di Unsri.
      2. Jangka waktu studi bagi mahasiswa pindahan sesuai dengan batas waktu program studi yang ditempuhnya di universitas terhitung saat mulai terdaftar pada perguruan tinggi asal.
      3. Universitas hanya dapat menerima mahasiswa pindahan pada awal tahun akademik (masa pendaftaran semester ganjil).

BERITA

PENGUMUMAN

Sabtu, 23 Mei 2015 | [1784 Dibaca] TIM PENELITI MP3EI UNSRI BERHASIL MELAKSANAKAN OPERASI PEMASANGAN FISTULA PADA SAPI
Tim peneliti MP3EI (Masterplan Percepatan Dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia 2011 – 2025) UNSRI Koridor Kelapa Sawit/Sumatera merupakan tim penelitian yang mengupayakan intensifikasi budidaya sapi potong di lahan kelapa sawit. Tim yang diketuai oleh Dr. Ir. Armina Fariani, ...

Minggu, 10 Mei 2015 | [6387 Dibaca] SOSIALISASI PENDANAAN RISET LPDP DI UNIVERSITAS SRIWIJAYA DAN PTS DI SUMATERA SELATAN
Pada hari Kamis, 7 Mei 2015 Universitas Sriwijaya menyelenggarakan acara Sosialisasi Pendanaan Riset LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) di Universitas Sriwijaya dan PTS di Sumatera Selatan bekerjasama dengan LPDP, Kementerian Keuangan. Acara ini dilaksanakan di Gedung Serbaguna Program ...

Senin, 27 April 2015 | [6235 Dibaca] SEMINAR ADVOKASI IABEE DALAM KONTEKS UU NO.12/2012 DAN WASHINGTON ACCORD NTUK PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN
Seminar Advokasi IABEE dalam Konteks UU No.12/2012 dan Washington Accord untuk Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi Teknik Nasional Seminar Advokasi IABEE dalam Konteks UU No.12/2012 dan Washington Accord untuk Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi Teknik Nasional telah ...

Jumat, 24 April 2015 | [7112 Dibaca] PENGUKUHAN GURU BESAR BIDANG ILMU PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA
Bertempat di gedung serbaguna Program Pascasarjana, senin 20 april 2015 acara Pengukuhan Guru Besar Bidang lmu Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sriwijaya Prof. Dr. Ratu Ilma Indra Putri, ...

Kamis, 23 April 2015 | [6961 Dibaca] PERESMIAN FASILKOM UNSRI MENJADI NETACAD CISCO
Pada tanggal 22 April 2015, dilakukan peresmian FASILKOM menjadi Cisco Networking Academy Program. Penandatangan peresmian ini dilakukan oleh Direktur Academic Cisco Indonesia Adri Gautama dengan Dekan FASILKOM Dr. ...

Rabu, 22 April 2015 | [6669 Dibaca] MENTORING GABUNGAN PENJAMINAN MUTU DAN MANAJEMEN KEUANGAN DALAM OPTIMALISASI KONTRIBUSI ALUMNI HELM DALAM PERBAIKAN KINERJA UNSRI
Mentoring Gabungan Penjaminan Mutu dan Manajemen Keuangan dalam Optimalisasi Kontribusi Alumni Higher Education Leadership and Management (HELM)-USAID dalam Perbaikan Kinerja Unsri” telah dilaksanakan di Gedung Serbaguna Program Pascasarjana Universitas Sriwijaya Palembang pada hari ...

Arsip Berita » Feed
Senin, 11 Mei 2015 | [13041 Dibaca] PENGUMUMAN VERIFIKASI DATA DAN NILAI RAPORT CALON MAHASISWA BARU UNIVERSITAS SRIWIJAYA YANG LOLOS JALUR SNMPTN TAHUN 2015 (NEW)
Calon mahasiswa baru Universitas Sriwijaya yang dinyatakan lolos tahap I jalur SNMPTN wajib melaksanakan hal-hal sebagai berikut: Mengisi data-data dan mengunggah foto secara online dengan jujur dan benar. Prosedur registrasi online dapat diikuti melalui situs Universitas Sriwijaya di www.unsri.ac.id atau www.reg.unsri.ac.id Hadir di Graha Sriwidjaya Jl. Srijaya Negara Bukit Besar (Kampus Palembang) untuk mengikuti ...

Sabtu, 09 Mei 2015 | [17381 Dibaca] PENGUMUMAN SNMPTN 2015 (NEW)
Universitas Sriwijaya Pengumuman SNMPTN 2015 dapat dilihat pada laman www.snmptn.ac.id atau laman pengumuman SNMPTN 2015 Universitas Sriwijaya ...

Kamis, 07 Mei 2015 | [7486 Dibaca] JADWAL DAN LOKASI TES SULIET UNIVERSITAS SRIWIJAYA (NEW)
Diumumkan kepada seluruh calon peserta tes SULIET yang telah melakukan pembayaran dan pendaftaran online tes SULIET Universitas Sriwijaya, bahwa jadwal dan lokasi tes dapat dilihat di alamat situs: www.suliet.unsri.ac.id. Seluruh calon peserta WAJIB men-download dan mencetak ulang Kartu Tanda Peserta melalui alamat situs tersebut dengan cara melakukan login pendaftaran terlebih dahulu, mengupload pasfoto berwarna dan memastikan bahwa informasi tentang jadwal, lokasi dan nomor ...

Rabu, 06 Mei 2015 | [9109 Dibaca] PENGUMUMAN PENDAFTARAN WISUDA KE-118 UNIVERSITAS SRIWIJAYA (NEW)
Diberitajukan kepada seluruh calon wisudawan/wisudawati Universitas Sriwijaya bahwa pelaksanaan wisuda ke-118 tahun 2015 akan dilaksanakan pada hari Kamis, 11 Juni 2015 dengan jadwal dan persyaratan seperti pada lampiran di bawah ini. Untuk melakukan pendaftaran wisuda online, silahkan klik link di bawah ini: Registrasi Wisuda » Silahkan unduh lampiran pengumuman di bawah ...

Senin, 04 Mei 2015 | [5834 Dibaca] BIDANG RISET PROMOTOR PMDSU
Promotor PMDSU Universitas Sriwijaya   Prof. Ir. Edy Sutriyono. M.Sc. Ph.D Prof. Dr. Fakhili Gulo Prof. Ir. Zainuddin Nawawi. Ph.D ...

Rabu, 29 April 2015 | [3444 Dibaca] UPACARA PERINGATAN HARI PENDIDIKAN NASIONAL
Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional Tahun 2015 tanggal 2 Mei 2015, dengan ini Rektor Universitas Sriwijaya menginstruksikan kepada : 1. Pembantu Rektor I,II,III, dan IV; 2. Dekan,Pembantu Dekan,Ketua, dan Direktur Program, Ketua Jurusan, Dosen beserta 30 orang Mahasiswa dari masing masing   fakultas; 3. Ketua Lembaga,Kepala Biro,Kepala UPT, Kepala Bagian beserta seluruh karyawan dalam lingkungan Universitas Sriwijaya; 4. Pengurus Dewan Perwakilan Mahasiswa, Presiden Mahasiswa, Ketua Unit Kegiatan ...

Arsip Pengumuman » Feed

PENDIDIKAN

ARTIKEL

Senin, 08 April 2013 | [52886 Dibaca] JURNAL COMPUTER ENGINEERING AND APPLICATIONS (COMENGAPP) TELAH TERINDEKS DI DIRECTORY OF OPEN ACCESS JOURNAL (DOAJ)
Setelah Jurnal ComEnggApp berhasil terindeks oleh lembaga pengindeks Internasional seperti Copernicus, CORE, Google Schoolar, Newjour, Worldcat, dan Scridb. Serta terdaftar juga secara nasional di Portal Garuda. Alhamdulilah, Jurnal ComEngApp sebagai salah satu Jurnal Internasional...

Sabtu, 29 September 2012 | [54243 Dibaca] MEMBANGKITKAN ATMOSFIR RISET UNSRI
MEMBANGKITKAN ATMOSFIR RISET, PUSAT STUDI GEO ASET DAN PERUBAHAN IKLIM FAKULTAS MIPA MENGUNDANG PARA PAKAR Para mahasiswa Program Studi Fisika dan Program Studi Ilmu Kelautan Fakultas MIPA, dan mahasiswa Program Studi Teknik Pertambangan Fakultas Teknik mengikuti kuliah umum yang...

Sabtu, 12 Mei 2012 | [56424 Dibaca] IAES JOURNAL [FREE OF CHARGES]
Dear Prof / Dr / Researcher / Lecturers / StudentsInstitute of Advanced Engineering and Science (IAES). IAES is a non-profit international scientific association of distinguished scholars engaged in engineering and science devoted to promoting researches and technologies in engineering...

Selasa, 28 Februari 2012 | [330230 Dibaca] INTERNATIONAL NEW MEDIA CONFERENCE - INMC-2012
INTERNATIONAL NEW MEDIA CONFERENCE - INMC-2012May 16-18, 2012www.inm-c.netIstanbul University, TURKEYDear Colleagues,We would like to invite you to submit proposals for the "International New Media Conference", which aims to provide a platform where...

Selasa, 28 Februari 2012 | [326090 Dibaca] INTERNATIONAL CONFERENCE ON INTERDISCIPLINARY RESEARCH IN EDUCATION - ICOINE - 2012
INTERNATIONAL CONFERENCE ON INTERDISCIPLINARY RESEARCH IN EDUCATION - ICOINE - 2012May 15-17, 2012www.icoine.netSalamis Bay Conti Resort Hotel, North CyprusDear Colleagues,We would like to invite you to submit proposals for the "International Conference...

Arsip Pendidikan »
Sabtu, 25 April 2015 | [3079 Dibaca] LINDUNGI KARYA CIPTA ANAK BANGSA
  Banyaknya kasus Plagiasi yang dilakukan oleh insan akademik sebuah Perguruan Tinggi di Indonesia, membuat Kementrian RISTEK-DIKTI menggagas sebuah Forum Group Discussion pada acara Seminar Nasional Pencegahan dan Penanganan Plagiasi (16/4) di Jakarta. Ide tersebut muncul...

Jumat, 24 April 2015 | [5393 Dibaca] H-INDEX WOS ISI, SCOPUS DAN GOOGLE SCHOLAR
Saat ini di UNSRI sedang hangat tentang perhitungan H-Index SCOPUS, apalagi semenjak parameter ini menjadi salah satu syarat untuk dapat mengirimkan lebih dari satu...

Jumat, 27 Februari 2015 | [9222 Dibaca] MENGAPA SKRIPSI (KADANG) MENJADI PENUNDA KELULUSAN?
Ada mahasiswa yang menyelesaikan studi jenjang Strata 1 (sarjana) selama pas 4 tahun. Ada yang lebih lama, misalnya sampai menit terakhir yang diperbolehkan oleh aturan. Ada juga yang ngebut dan bisa selesai dalam tempo hanya 7 semester. Pada tingkat dunia ada beberapa bocah ajaib yang bisa...

Sabtu, 04 Mei 2013 | [56596 Dibaca] UNIVERSITAS SRIWIJAYA KAMPUS TERCERDAS DILUAR JAWA VERSI TESCA 2013
Menjadikan Unsri sebagai ‘worldclass university’ telah menjadi mimpi bersama dan tujuan yang ingin segera diwujudkan oleh segenap sivitas akademika, tenaga kependidikan dan juga alumni Universitas Sriwijaya. Berbagai  upaya dan langkah-langkah  strategis terus dikembangkan...

Sabtu, 27 April 2013 | [53521 Dibaca] KOMPUTERISASI PEMERIKSAAN HASIL UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Tanpa terasa sepuluh hari telah berlalu sejak UAN SMA dimulai 15 April lalu, berbagai pendapat dan wacana terlontar dari berbagai kalangan, baik yang peduli dengan pendidikan maupun yang hanya melihat momentum ini sebagai media untuk mengekspresikan diri. Bagi para Siswa, orang tua siswa, Guru,...

Arsip Artikel »

.:: PENCARIAN
Masukkan Kata Kunci:

.:: AKSES UNSRI

.:: SEMINAR (CALL FOR PAPERS)
  [25 Maret 2015] [5716 Hits]
SEMINAR TAIWAN-INDONESIA COOPERATION OPPORTUNITY
  [03 Januari 2015] [18191 Hits]
THE 2ND IAES INTERNATIONAL CONFERENCE ON ELECTRICAL ENGINEERING, COMPUTER SCIENCE AND INFORMATICS
  [11 Oktober 2014] [39696 Hits]
SEMINAR NASIONAL: (MEWUJUDKAN KETAHANAN PANGAN MENGHADAPI PASAR BEBAS ASEAN) OLEH FAPERTA UNSRI
  [07 Agustus 2014] [46718 Hits]
INTERNATIONAL CONFERENCE ON COMPUTER SCIENCE AND ENGINEERING
  [22 Juli 2014] [43243 Hits]
EECSI 2014 CALL FOR PAPERS: SUPPORTED 3 IMPACT FACTOR & 4 SCOPUS INDEXED JOURNALS

.:: LEMBAGA PENELITIAN
  [20 Mei 2015]
PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH NASIONAL&INTERNASIONAL
  [13 April 2015]
PEMENANG PENELITIAN DANA PNBP UNIVERSITAS SRIWIJAYA TAHUN 2015
  [02 April 2015]
PENCAIRAN DANA PENELITIAN DESENTRALISASI&KOMPETITIF NASIONAL 2015
  [12 Maret 2015]
PENERIMAAN PROPOSAL PENELITIAN KOMPETITIF NASIONAL&DESENTRALISASI TH.2016
  [12 Maret 2015]
PESERTA PAPARAN PROPOSAL PENELITIAN KOLABORASI INTERNASIONAL, UNGG.KOMPETITIF&SATEKS

.:: LEMBAGA PENGABDIAN MASYARAKAT
  [21 Mei 2015]
PELEPASAN PESERTA KKN REGULER ANGKATAN 83 UNIVERSITAS SRIWIJAYA TAHUN 2015
  [15 Mei 2015]
KULIAH PEMBEKALAN KKN UNSRI ANGKATAN KE 83 TAHUN 2015
  [12 Mei 2015]
DAFTAR NILAI KKN ANGKATAN-82
  [12 Mei 2015]
DAFTAR NILAI KKN KHUSUS FAKULTAS KEDOKTERAN PROGAM STUDI KEDOKTERAN GIGI UNSRI
  [11 Mei 2015]
DAFTAR LOKASI KKN REGULER ANGKATAN-83 UNIVERSITAS SRIWIJAYA TAHUN 2015

.:: LOWONGAN KERJA
  [07 Mei 2015] [5110 Hits]
LOWONGAN KERJA PT. PLN (PERSERO) LOKASI: PALEMBANG, TAHUN 2015
  [28 April 2015] [4344 Hits]
INDOFOOF CBP SUKSES MAKMUR, TBK
  [03 Maret 2015] [5976 Hits]
DOSEN POLITEKNIK SEKAYU
  [15 Januari 2015] [11104 Hits]
PERUM JAMKRINDO
  [15 Januari 2015] [10707 Hits]
THAMRIN BROTHERS

.:: DOWNLOAD
  Keputusan Menteri Tentang Statuta Universitas Sriwijaya
  Kebijakan Akademik Universitas Sriwijaya
  Uang Kuliah Tunggal (UKT) Universitas Sriwijaya
  Etika Akademik Civitas Akademika Universitas Sriwijaya
  Kode Etik Pelaku Penelitian Universitas Sriwijaya
  Buku Panduan Konvensi FRI-2011

 


.:: OFFICIAL E-MAIL


.:: PUSAT UNGGULAN RISET


.:: JASA KETENAGAKERJAAN


.:: LINK


.:: RANKING


.:: KANTOR PUSAT ADMINISTRASI

Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang - Prabumulih Km. 32 Indralaya, OI, Sumatera Selatan 30662
Phone: +62 711 580169, 580069, 580129, 580275, 580645
Faximile: +62 711 580644
Email: humas(@)unsri.ac.id