ARTIKEL

Tips publish di Journal Indexing SCOPUS

Selasa, 07 Februari 2012 | [226039 Dibaca]

Menyambung catatan kecil di blog pribadi sebelumnya ( Catatan Kecil bagian 1 | 2 | 3 ), dimana bagian cerita kali ini dirangkum dalam perjalanan dua tahun melakukan research sebagai bagian dari PhD Degree di Computer ScienceUTM Malaysia.

Dibagian 4, saya ingin berbagi tentang kemampuan kita dalam "menuangkan" ide dalam menulis di journal berkala dan tips paper kita dapat lolos di Internasional Journal / Conferences, dalam pandangan dan pengalaman pribadi ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan ;

 

Sharing tips di Journal Berkala

 

  1. Pilihlah Journal dalam "wilayah" research kita dengan melihat dari aims & scopes nya.
  2. Sebaiknya pilihlah minimal yang tercatat di Indexing / abstracting Journal, misalnya SCOPUS atau Engineering Villages (EI) untuk memudahkan researchers lain menemukan paper kita untuk di citation sebagai references nya. Silahkan perhatikan dengan seksama di website journal tersebut dibagian indexing. Sebenarnya ada juga beberapa Indexing lain yang cukup populer seperti DOAJCopernicusOpen JGateUlrichswebDBLPCiteSeerXAcademic Resource, atau scholar namun seperti nya SCOPUS menjadi standard para researcher untuk "mendunia", selain itu hebatnya lagi kita akan mendapatkan no ID sebagai author dan dapat melihat citation paper kita tersebut jika ada yang mencitation / merefers nya. SCOPUS juga menghitung jumlah paper dari suatu Institusi atau negara tertentu untuk dibandingkan.
  3. Lakukan "gerilya" di  SCOPUS dengan memasukan misalnya No ISSN / salah satu title paper yang ada di bagian archives dari Journal yang akan kita pastikan tersebut. Sebagai catatan bahwa tidak mudah untuk sebuah Journal dapat masuk ke Indexing  SCOPUS, konsistensi paper, konsistensi waktu terbit, aim scopes nya dan juga memerlukan proses waktu yang lama para editor jurnal untuk dapat memasukan Journal mereka ke Indexing ini.
  4. Sebelum mengirim naskah / manuscript ke editor jurnal tersebut atau akan melakukan submit online melalui manuscript online / PKP OJS, lakukan dulu korespondensi dengan editornya, utarakan saja misalnya dengan statement sangat tertarik untuk submit disitu, suatu kehormatan jika dapat publish dijournal tsb, dan juga tanyakan berapa lama proses reviewernya, berapa publication fee nya, apakah boleh meminta reviewer external untuk mereview paper kita, berapa naskah akan terbit dalam setiap volume, dsb. Hal ini untuk melihat sejauh mana team work editornya dalam menyikapi dan merespon setiap naskah yang masuk. Editor yang baik akan segera membalas email kita.
  5. Ada beberapa issues penting yang harus diperhatikan sebelum kita mengirim manuscriptnya; (i) perhatikan benar-benar standar templatenya, (ii) perhatikan deadline submitnya, (iii) Jangan mengirimkan satu naskah yang sama ke beberapa Journal lain, di kasus tertentu editor / reviewer dapat mendeteksinya dan kita terikat dengan aggreement, (iv) Perhatikan masalah plagiarism dan bagaimana menyadur / citation tulisan orang lain, dan (iv) perhatikan apakah naskah kita digolongkan dalam Literature Review, Research Progress, atau hasil research / full research, hal ini berbeda dalam penyajiannya di naskah terutama dalam penyajian data, citation, comparation, method, approaches dan resultnya.
  6. Title harus mengambarkan keseluruhan dan buatlah menarik agar orang lain tertarik untuk membaca, begitupun Abstract, buatlah dengan seksama yang harusnya mengambarkan secara umum dari naskah tersebut: objective, tujuan, metode, dan hasilnya harus terungkap di abstract ini. Berikut adalah notes tentang Abstract dan notes tentang title dari chief of editor TELKOMNIKA yang menjelaskan secara lugas dari sisi seorang editor. Dimana TELKOMNIKA adalah satu-satunya Journal Engineering di Indonesia yang terindexing di Elsivier (satu payung dengan SCOPUS di ScienceDirect) dan terakreditasi B oleh DIKTI.

 Tips Pribadi ;

 

  1. Pastikan bahwa Journal tsb memang terindexing di  SCOPUS / EI dengan memeriksanya secara teliti, beberapa Journal juga telah di klarifikasi oleh SCIMAGO SCOPUS untuk melihat detailed data setiap tahunnya.
  2. Saya selalu melihat susunan editor / reviewer dari Jurnal yang akan dipublish dan dari mana asal institusinya, begitupun susunan reviewernya. Sebagai triknya : lakukan citation minimal 5-10 % dari total References kita ke paper yang telah publish di journal tersebut sebelumnya, lebih baik lagi citation langsung ke paper editor / reviewernya.
  3. Lakukan Proof Reading ke native speaker untuk memastikan naskah kita "smooth" untuk dibaca orang lain yang menjadi bahasa sehari-hari mereka, tipsnya : saya mengirimkan ke Journal yang susunan editornya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua, misal berdomisili di Korea, Taiwan, India, German, dll. Beberapa editor dalam pengalaman saya cukup "acceptable" asalkan mereka sudah dapat mengerti apa yang ada di naskah tersebut.
  4. Mungkin secara kebetulan saja, saya mengirim ke Journal dengan masa deadline yang mepet, sebagai info saja, suatu pekerjaan yang berat bagi team editor untuk mencari paper-paper / naskah yang berkualitas untuk dikirimkan oleh author ke Journal tersebut, hal ini karena semakin bersaingnya antar Journal dan banyaknya Journal-Journal baru di Internet.
  5. Setelah naskah dikirim ke editor, dalam beberapa hari / minggu mestinya ada jawaban ke kita apakah naskah tersebut layak untuk "dilempar" ke reviewer untuk di lihat secara keseluruhan contentnya atau di REJECT karena sesuatu dan lain hal (format template, grammar error, dsb).
  6. Jika dalam beberapa waktu kita belum mendapatkan jawaban dari naskah yang dikirmkan, lakukan korespodensi dengan Editor untuk klarifikasi, namun baiknya dilakukan setelah melewati batas waktu yang dijanjikan oleh editor, misalnya editor menjanjikan dalam 2 minggu / 2 bulan atau paling lambat 3 bulan dalam proses reviewer. Hal ini tergantung dari aturan di setiap Journal tersebut.
  7. Menyajikan data dalam gambar / object yang menarik, dengan bantuan tools visio saya dapat dengan mudah membuat gambar-gambar network topology dan skema-skema lainnya, usahakan kita membuat gambar berbeda dari penyajian orang lain atau yang umum dilakukan. Reviewer akan tertarik untuk meneruskan membaca setelah melakukan skimming secara keseluruhan.
  8. Gunakan tools managing bibliographies seperti End Note / Mandelay untuk management reference kita, saya lebih suka menggunakan Mandelay dan dapat dengan mudah untuk "pindah"dari standard IEEE / APA / AMA / ASA atau Harvad sesuai standar dari template Journal yang harus di ikuti, dan yang pasti kita tidak perlu disibukan dengan mengganti secara manual dan takut tercecer dalam mereferences. 
  9. Buat "list" sebagai alternatif Journal yang akan dikirimi naskah kita, urutan satu adalah prioritas dan seterusnya. Jangan sampai "patah arang" karena biasanya para reviewer akan memberikan statemen yang "sejujurnya" tentang naskah kita, ini dikarenakan mereka menerima naskan kita dalam "blind review"...kalimat " very poor, this is not research work, floating, giddy, grammar error, and confused in your work" akan mungkin kita temui. Dalam pengalaman saya, mengirim naskah ke top rank Journal akan mendapatkan banyak sekali kritikan pedas dan masukan yang sangat baik dari para reviewer dan dari situ saya perbaiki untuk dikirimkan ke Journal lain. 
 

 (dikutip dari blog DRS)


Artikel Lainnya:

25 April 2015 LINDUNGI KARYA CIPTA ANAK BANGSA
24 April 2015 H-INDEX WOS ISI, SCOPUS DAN GOOGLE SCHOLAR
27 Februari 2015 MENGAPA SKRIPSI (KADANG) MENJADI PENUNDA KELULUSAN?
04 Mei 2013 UNIVERSITAS SRIWIJAYA KAMPUS TERCERDAS DILUAR JAWA VERSI TESCA 2013
27 April 2013 KOMPUTERISASI PEMERIKSAAN HASIL UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
26 Maret 2013 ARAH PENGEMBANGAN TIK UNSRI 2013 - 2018
02 Januari 2012 MENUJU 10 BESAR PERGURUAN TINGGI TERBAIK INDONESIA
14 April 2011 KRITERIA SELEKSI YANG ADIL DAN BERKUALITAS
04 April 2011 PERKETAT PROSES REKRUTMEN
18 Agustus 2010 MAKNA SUATU KEMERDEKAAN
12 Juni 2010 REKONSILIASI SETELAH MEMILIH
27 Maret 2010 BER-FB HINGGA CARI BAHAN KULIAH
16 Maret 2010 PLN S2JB PENUHI TUNTUTAN MASSA
01 Maret 2010 DUSUN KEBANJIRAN
28 Februari 2010 CENDERUNG MALU-MALU
29 Januari 2010 RINDU BALIK KE PAPUA
16 Januari 2010 PANSUS II DPRD OGAN ILIR LIBATKAN UNSRI
11 Desember 2009 TRIWINDA SUSANTI: HUKUM MERUPAKAN BARANG MAHAL
04 Desember 2009 PENGAMAT: CEGAH KONFLIK SUBAN IV MERAMBAT KE RAKYAT
18 November 2009 TODUNG PAPARAN "MERENTANG KORUPSI, MERETAS JALAN PEMBERANTASAN" DI UNSRI

.:: PENCARIAN
Masukkan Kata Kunci:

.:: AKSES UNSRI

.:: SEMINAR (CALL FOR PAPERS)
  [12 Juli 2017] [3895 Hits]
SEMINAR NASIONAL LAHAN SUBOPTIMAL 2017
  [15 November 2016] [41782 Hits]
THE FIRST UHAMKA INTERNASIONAL CONFERENCE ON ISLAMIC HUMANITIES AND SOCIAL SCIENCES
  [22 Juli 2016] [56685 Hits]
SEMINAR NASIONAL LAHAN SUBOPTIMAL 2016
  [15 Juni 2016] [58753 Hits]
SEMINAR NASIONAL DIES KE-53 FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS SRIWIJAYA
  [03 Mei 2016] [90620 Hits]
SICEST 2016 - SRIWIJAYA INTERNATIONAL CONFERENCE IN ENGINEERING , SCIENCE, AND TECHNOLOGY (NOVEMBER 9-10, 2016)

.:: SURAT EDARAN DAN SK REKTOR
  [13 Oktober 2016] [30188 Hits]
SURAT EDARAN TATA CARA PENGAJUAN NIDN DAN NIDK BAGI DOSEN UNIVERSITAS SRIWIJAYA

.:: LEMBAGA PENGABDIAN MASYARAKAT
  [28 Desember 2016]
POTONGAN PAJAK DARI DANA 30% KEGIATAN PPM 2016
  [16 November 2016]
UNDANGAN WORKSHOP KEGIATAN PPM LP2M UNSRI 2016
  [01 November 2016]
UNDANGAN SEMINAR NASIONAL UNIVERSITAS INDRAPRASTA PGRI
  [01 November 2016]
UNDANGAN SELEKSI CALON TENANT (PENGGUNA JASA) INKUBATOR, TEKNOLOGI BALITBANGNOVDA SUMSEL TAHUN 2016
  [01 November 2016]
UNDANGAN SEMINAR NASIONAL OLEH LIPI

.:: LOWONGAN KERJA
  [10 Januari 2017] [19802 Hits]
REKRUTMEN PT. WASKITA KARYA
  [31 Desember 2016] [17434 Hits]
SELEKSI PENERIMAAN PEGAWAI TENAGA HARIAN LEPAS UNTUK ANGGOTA SATUAN PENGAMANAN (SATPAM) UNIVERSITAS SRIWIJAYA TAHUN 2017
  [05 Juni 2016] [61931 Hits]
REKRUTMEN TELKOMSEL UNTUK LULUSAN UNIVERSITAS SRIWIJAYA
  [28 Februari 2016] [175400 Hits]
KESEMPATAN BERKARIR PADA PROGRAM REKRUTMEN TRAINEE PT. BUKIT ASAM (PERSERO), TBK. TAHUN 2016
  [24 November 2015] [370321 Hits]
LOWONGAN KERJA PT VALE INDONESIA TBK

.:: DOWNLOAD
  Keputusan Menteri Tentang Statuta Universitas Sriwijaya
  Kebijakan Akademik Universitas Sriwijaya
  Uang Kuliah Tunggal (UKT) Universitas Sriwijaya
  SK Rektor Universitas Sriwijaya Tentang Penyelenggaraan Perkuliahan Pada Semester Antara
  Etika Akademik Civitas Akademika Universitas Sriwijaya
  Kode Etik Pelaku Penelitian Universitas Sriwijaya
  Buku Panduan Konvensi FRI-2011

 


.:: OFFICIAL E-MAIL


.:: PUSAT UNGGULAN RISET


.:: JASA KETENAGAKERJAAN


.:: LINK


.:: RANKING


.:: KANTOR PUSAT ADMINISTRASI

Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang - Prabumulih Km. 32 Indralaya, OI, Sumatera Selatan 30662
Phone: +62 711 580169, 580069, 580129, 580275, 580645
Faximile: +62 711 580644