FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT

Contact
Gedung Fakultas Kesehatan Masyarakat
Kampus UNSRI - Indralaya, OI
Website : www.fkm.unsri.ac.id


Sejarah

A. Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Unsri

September 1996, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya dr. H Rusdi Ismail, DSAK mengemukakan gagasan pembentukan program studi baru di Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya. Gagasan tersebut timbul karena adanya himbauan dari Direktur Jendral Pendidikan Tinggi dan Konsorsium Ilmu Kedokteran pada rapat dekan seluruh indonesia di Jakarta agar FK Unsri ikut menyiapkan sumber daya manusia di bidang kedokteran dan kesehatan dalam menyongsong era globalisasi. Gagasan ini disampaikan di dalam rapat senat Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya, sebagai tindak lanjutnya, dekan membentuk satuan tugas Program Studi Kesehatan Masyarakat, yang dikukuhkan oleh SK Rektor Unsri Prof. Ir. H Machmud Hasyim, MME, No: 3483/PT11.1.1/C.6.f/1996 tanggal 1 Agustus 1996, satuan tugas Program Studi Kesehatan Masyarakat.

Hasil rapat koordinasi peningkatan personalia dan pendayagunaan dokter spesialis di Bandung pada bulan Februari 1999 yang dihadiri oleh Menteri Kesehatan RI, Prof. dr. F.A. Moeloek, Dekan FK Unsri Prof. Dr. KHM Arsyad, DABK, SpAnd, kembali diingatkan oleh konsorsium untuk bersedia membuka program studi di bidang kesehatan masyarakat, ilmu keperawatan dan kedokteran gigi. Sebagai tindak lanjutnya dekan membentuk satuan tugas Program Studi Kesehatan Masyarakat (PSKM) dikukuhkan dengan SK Rektor Unsri Bapak Prof. Dr. Ir. H. Zainal Ridho Djafar, Msc nomor : 2357/PT11.1.1/C.6.f/1999 tanggal 7 Mei 1999. Satuan tugas berhasil membuat proposal yang disampaikan oleh pimpinan Fakultas kepada Rektor dan selanjutnya diteruskan ke Menteri Pendidikan. Menteri Kesehatan juga sangat mendukung dibukanya PSKM, ini dengan diterbitkannya SK no 1215/Menkes/X/1999 tanggal 15 Oktober 1999. dr. Syahrial Aziz, DAFK selaku Pembantu Dekan II FK Unsri berperan aktif membantu satuan tugas dalam proses terbitnya SK Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Nasional. Sambil menunggu turunnya SK Dirjen Dikti, Fakultas Kedokteran Unsri mengadakan seminar regional yang bertema "Menyongsong Era Globalisasi dan Indonesia Sehat 2010" dengan pembicara utama Presiden Executive BKS FKM, Prof. Dr. H. Does Sampoerno, MPH., mengadakan konsultasi dengan ketua CHS Prof. Ma`rifin Husin dan mengadakan kerjasama dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia untuk mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pembukaan PSKM di Fakultas Kedokteran Unsri. Terhitung tanggal 18 Agustus 2000, resmi di buka Program Studi (S1) Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Unsri (PSKM FK Unsri) dengan SK Dirjen Dikti No 274/Dikti/Kep/2000 dan dan SK penyelenggaraan pendidikan oleh Rektor Unsri No.VIII-1313/ PT11.1.2/Q/2000, diketuai oleh dr. H.MA Husnil Farouk, MPH. 

Berdasarkan aspek pengembangan ilmu kesehatan dan penyelenggaraan administrasi dan manajemen program, Kemudian Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran (PSKM FK) Unsri diajukan menjadi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unsri. Dengan menjadi Fakultas dapat ditata organisasi dan manajemen yang lebih baik dan stabil, jaminan mutu pelaksanaan kegiatan akademik, pelaksanaan kerja sama, baik di dalam maupun di luar negeri, peningkatan sinergi internal, baik secara horisontal dengan fakultas lain maupun vertikal dengan rektorat dan sinergi eksternal yang berhubungan dengan kepentingan masyarakat dan stakeholder, diantaranya mencapai Sumatera Selatan sehat 2008 dan Indonesia sehat 2010, yang tentunya memerlukan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi kesehatan. Untuk menyikapi kebutuhan sumber daya manusia tersebut, perguruan tinggi sebagai penghasil tenaga ahli berpendidikan tinggi, berupaya untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sebagai tenaga ahli di bidang teknologi kesehatan masyarakat. 

 

B. Alih Status dari PSKM FK Unsri Menjadi PSKM FKM Unsri

 

Berdasarkan keputusan badan akreditasi nasional perguruan tinggi nomor : 012/BAN-PT/AK-XI/S1/VI/2008 tentang status, peringkat, dan hasil akreditasi program sarjana di perguruan tinggi terhitung tanggal 28 Juni 2008, telah dilakukan akreditasi oleh tim asesor BAN DIKTI, dengan perolehan akreditasi B sampai dengan tanggal 28-06-2013. Telah dilakukan perubahan status dari PSKM-FK Unsri menjadi PSIKM FKM Unsri, berdasarkan surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas nomor 3907/D/T/2008 tanggal 7 November 2008 dan SK Rektor Unsri nomor : 1712/H9/PE/2008 tanggal 20 November 2008, tentang pendirian FKM Unsri yang saat ini menempati lokasi yang cukup strategis, yaitu di gedung dr. A.I. Muthalib, M.PH (CHEREC), Universitas Sriwijaya Kampus Inderalaya, yang diresmikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Prof. Dr. Ir. Satryo Soemantri Brodjonegoro.

Pada tanggal 11 Oktober 2004. Untuk meningkatkan kualitas kegiatan belajar mengajar, dilakukan beberapa upaya pembenahan di FKM Unsri antara lain dengan dikeluarkannya surat tugas dari pimpinan Fakultas nomor : 111/H9.1.4/Pend/ M.1FKM/2009 prihal pembentukan tim revisi kurikulum Fakultas Kesehatan Masyarakat Unsri yang diketuai oleh Prof. dr. Tan Malaka, MOH, PhD. Tim ini bertugas antara lain melakukan studi banding kurikulum di FKM Universitas Indonesia Depok dan FKM Universitas Airlangga Surabaya, sehingga ke depan akan diperoleh kurikulum FKM Unsri yang sesuai dengan kebutuhan pasar, budaya, potensi dan karakteristik lokal.  

Dengan dikeluarkannya surat tugas dari pimpinan FKM Unsri nomor : 111/H9.1.4/Pend/1.3/FKM/2009, prihal pembentukan tim pengumpul data rapat kerja Unsri tahun 2008/2009 berdasarkan SK Rektor Unsri nomor 372/H9/LL/2009, yang diketuai oleh Hamzah Hasyim, S.KM, M.KM. FKM Unsri sebagai Fakultas yang ke-10 dalam lingkungan Unsri, untuk yang pertama kalinya ikutserta dalam kegiatan Raker Unsri tanggal 7-8 April 2009 dengan tema Melangkah Maju Ke Universitas Kelas Dunia. Dalam kurun waktu 9 tahun sejak tahun 2000, telah dihasilkan lulusan (alumni) dengan gelar/sebutan Sarjana Kesehatan Masyarakat (S.K.M) yang telah bekerja di instansi kesehatan dan luar kesehatan di hampir seluruh wilayah nusantara.  

Sebagai satu-satunya PTN yang mengelola pemenuhan akan SDM kesehatan masyarakat di wilayah Sumbagsel FKM Unsri memiliki peluang pengembangan ke depan untuk membuka program studi baru kejenjang yang lebih tinggi yaitu program studi S2 (Magister Kesehatan Masyarakat), bahkan tidak menutup kemungkinan dalam jangka panjang program studi S3 (Doktor di bidang kesehatan masyarakat). Kurikulum FKM Unsri terakhir disahkan melalui SK Rektor Unsri Nomor : 082/H9/DT.Kep/2009, tentang Kurikulum Penyelenggaraan Pendidikan Program Strata-1 (S1) PSIKM FKM Unsri tahun 2009. Materi pembelajarannya terdiri dari 149-151 sks yang terdiri dari 40-50% kurikulum inti dan 50-60% muatan lokal, yang dijabarkan dalam GBPP dan SAP. 

 

VISI, MISI DAN STRUKTUR ORGANISASI

Visi:

Menjadi fakultas terkemuka berbasis riset yang unggul dalam ilmu pengetahuan, teknologi dan seni di bidang kesehatan masyarakat, yang menghasilkan insan bertaqwa, bermutu dan memiliki daya saing tinggi.

Misi:

  1. Menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan akademik yang profesional
  2. Mengembangkan kegiatan penelitian bidang kesehatan masyarakat melalui kerjasama dengan berbagai instansi.
  3. Memberikan kontribusi pengabdian kepada masyarakat yang memiliki daya saing dalam proses demokrasi dan pengembangan masyarakat madani.

Tujuan:

  1. Menghasilkan tenaga kesehatan masyarakat yang berakhlak mulia, terdidik, terlatih, terampil dan handal untuk mendukung pembangunan kesehatan bangsa.
  2. Menghasilkan pengetahuan empirik, teori, konsep, metodologi, model yang akan memperkaya ilmu pengetahuan dan teknologi bidang kesehatan masyarakat.
  3. Berperan sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kesehatan masyarakat.
  4. Menghasilkan lulusan berkualitas, memiliki jiwa kewirausahaan yang relevan dengan kebutuhan masyarakat.
  5. Berperan aktif membantu pemerintah dan masyarakat khususnya dalam bidang kesehatan masyarakat.

Strategi:

Memperhatikan isu strategik utama secara nasional serta mengaitkan dengan hasil kajian lingkungan internal dengan lingkungan eksternal, FKM Unsri turut melakukan pengembangan isu strategik, untuk mendukung visi Universitas Sriwijaya 2025. 

  1. Pemerataan dan perluasan akses pendidikan
  2. Peningkatan mutu, relevansi dan daya saing
  3. Penguatan tata kelola, akuntabilitas dan pencitraan publik
  4. Penguatan sumber pendanaan
  5. Globalisasi dan daya saing

 

B. Organisasi Fakultas Kesehatan Masyarakat
 

Pimpinan FKM Unsri masa tugas 2009-2013

  • Dekan: Iwan Stia Budi, S.KM.,M.Kes
  • Pembantu Dekan I: Asmaripa Ainy, S.Si.,M.Kes
  • Pembantu Dekan II: Fatmalina Febry, S.KM, M.Si
  • Pembantu Dekan III: H.A.Fickry Faisya, S.KM.,M.Kes

Unsur Pembantu Pimpinan

  • Kepala Bagian Tata Usaha: Drs M. Zaini, SH 
  • Ka Sub bag Adm Akdmk dan Kemahasiswaan : Supardi C
  • Ka Sub bag Adm Umum dan Keuangan : Taufik Junaidi, S.Sos

Ketua Prodi/Jurusan

  • Ketua Prodi IKM : Elvi Sunarsih,S.KM.,M.Kes

Jurusan/Bagian

Jurusan/Bagian adalah unsur pelaksana akademik yang melaksanakan pendidikan akademik dan/atau profesional dalam satu atau lebih cabang ilmu pengetahuan dan teknologi bidang kesehatan masyarakat. Bagian adalah pengampu keilmuan dari disiplin ilmu yang terkait. Dalam proses pembelajaran bagian berfungsi sebagai penyedia tenaga pengajar bagi kegiatan akademik. Dalam bidang penelitian bagian berfungsi sebagai pengembang disiplin ilmu yang terkait. Bagian juga berkewajiban melakukan kegiatan pengabdian masyarakat sesuai dengan displin ilmunya. Kurikulum yang digunakan FKM Unsri saat ini berdasarkan SK Rektor Unsri Nomor : 082/H9/DT.Kep/2009, tentang Kurikulum Penyelenggaraan Pendidikan Program Strata-1 (S1) Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sriwijaya tahun 2009.  

Kelompok keilmuan FKM Unsri terdiri atas Kelompok Ilmu Administrasi Kebijakan Kesehatan, Kelompok Ilmu Biostatistik, Kelompok Ilmu Epidemiologi, Kelompok Ilmu Gizi Masyarakat, Kelompok Ilmu Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Kelompok Ilmu Kesehatan Lingkungan, Kelompok Ilmu Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku, yang saat ini terangkum dalam 3 bagian/jurusan. Pemilihan Jurusan/Bagian mahasiswa FKM Unsri dilaksanakan pada semester VII.

Ada 3 Bagian yang ditawarkan saat ini yaitu :  

  1. Bagian Administrasi Kebijakan Kesehatan (AKK)
  2. Bagian Gizi Masyarakat
  3. Bagian Keselamatan kesehatan Kerja dan Kesehatan Lingkungan (K3/KL)

Daftar mata kuliah yang menjadi tanggung jawab Bagian AKK :

  1. Pengantar Administrasi Kebijakan Kesehatan
  2. Organisasi dan Manajemen 
  3. Perencanaan dan Evaluasi Kesehatan 
  4. Manajemen Sumber Daya Manusia 
  5. Manajemen Administrasi RS 
  6. Ekonomi Kesehatan
  7. Manajemen Mutu
  8. Manajemen Logistik
  9. Manajemen Keuangan

Daftar mata kuliah yang menjadi tanggung jawab Bagian Gizi :
(a.) Ilmu Gizi Dasar
(b.) Gizi Daur Hidup
(c.) Pengantar Gizi Masyarakat
(d.) Ekologi Pangan dan Gizi
(e.) Penilaian Status Gizi
(f.) PIE Gizi
(g.) Gizi Klinik
(h.) Teknologi Pangan

Daftar mata kuliah yang menjadi tanggung jawab Bagian K3/KL :

(a.) Dasar-Dasar Kesehatan Kerja
(b.) Hygiene Industri
(c.) Penyakit Akibat Kerja
(d.) Sistem Manajemen K3
(e.) Dasar-Dasar Kesehatan Lingkungan
(f.) Toksikologi Lingkungan
(g.) Epidemiologi Kesehatan Lingkungan
(h.) Pencemaran Lingkungan
(i.) Ergonomi
(j.) Manajemen Risiko K3
(k.) Laboratorium K3 dan KL
(l.) Kesehatan Lingkungan Pemukiman dan Perkotaan
(m.) Pengolahan Limbah

 


BERITA

PENGUMUMAN

Senin, 16 September 2019 | [156 Dibaca] WORKSHOP INTERNALISIONALISASI UNIVERSITAS SRIWIJAYA MENUJU WORLD CLASS UNIVERSITY
Kantor Kerjasama dan Layanan Internasional (KLI) Universitas Sriwijaya (Unsri) menggelar Workshop "Internalisionalisasi Universitas Sriwijaya Menuju World Class University" yang digelar di Ruang Rapat KPA Unsri Bukit Besar Palembang, Senin (16/9/2019). Acara workshop itu dibuka ...

Jumat, 13 September 2019 | [94 Dibaca] WAKAF GOES TO CAMPUS MENYIAPKAN GENERASI MILENIAL UNTUK MEMAJUKAN PERWAKAFAN NASIONAL
Badan Wakaf Indonesia (BWI) bekerjasama dengan Universitas Sriwijaya (Unsri) menyelenggarakan Wakaf Goes to Campus ke 6 dengan menggelar seminar yang bertema “Menyiapkan Generasi Milenial untuk Memajukan Perwakafan Nasional”. Kegiatan ini berlangsung di Graha Sriwijaya Bukit Besar ...

Jumat, 13 September 2019 | [87 Dibaca] KADISPORA LEPAS KONTINGEN BAPOMI SUMSEL YANG AKAN BERLAGA DI POMNAS XVI JAKARTA
Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Sumatera Selatan, Ahmad Yusuf Wibowo melepas secara resmi atlet kontingen Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI) Sumatera Selatan yang akan berlaga pada Pekan Olah Raga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVI di Jakarta. Pelepasan ...

Selasa, 10 September 2019 | [333 Dibaca] DOSEN DAN PRAKTISI HUKUM IKUTI PENATARAN DI FAKULTAS HUKUM UNSRI
Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya (Unsri) menggelar Penataran Hukum Keperdataan Bagi Dosen dan Praktisi Hukum, Selasa (10/9/2019) bertempat di Hall FH Tower Bukit Besar Palembang. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari pada tanggal10-12 September 2019 dan ...

Senin, 09 September 2019 | [226 Dibaca] UNIVERSITAS SRIWIJAYA - UNIVERSITI TENAGA NASIONAL, MALAYSIA SEPAKAT MENANDATANGANI MOU
Universitas Sriwijaya (UNSRI) dengan Universiti Tenaga Nasional (UNITEN), Malaysia sepakat menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) pada Rabu (4/9/2019) bertempat di KPA Unsri kampus Bukit Besar Palembang. Nota Kesepahaman tersebut ditandatangani oleh Rektor ...

Senin, 09 September 2019 | [185 Dibaca] SEMINAR NASIONAL SMART FARMING YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN UNTUK KESEJAHTERAAN PETANI
Pusat Unggulan Riset Pengembangan Lahan Suboptimal (PUR-PLSO) Universitas Sriwijaya (Unsri) kembali menyelenggarakan Seminar Nasional Lahan Suboptimal 2019 yang diberi tema " Smart Farming yang Berwawasan Lingkungan untuk Kesejahteraan Petani" yang ...

Arsip Berita » Feed
Selasa, 10 September 2019 | [352 Dibaca] PENGUMUMAN HASIL PENETAPAN KELULUSAN CALON MAHASISWA BARU S3 ILMU BIOMEDIS FAKULTAS KEDOKTERAN TAHUN 2019 (NEW)
Berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Sriwijaya nomor: 0267/UN9/SK.BAK.Ak/2019 tentang Penetapan Nama Calon Mahasiswa Baru Program Studi Sains Biomedis Program Doktor (S3) Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya (Periode Juli 2019), diumumkan bahwa nama-nama yang dinyatakan LULUS adalah sebagaimana yang tertulis pada lampiran pengumuman ini. Kepada calon mhs Yang dinyatakan lulus tersebut diatas, agar segera melakukan registrasi dan memenuhi semua persyaratan yg ditetapkan. Registrasi mahasiswa baru : Melalui website : ...

Kamis, 05 September 2019 | [14389 Dibaca] UPDATE DATA NIK MAHASISWA BIDIKMISI UNIVERSITAS SRIWIJAYA (NEW)
Sehubungan dengan akan diprosesnya pencairan dana bantuan pendidikan Bidikmisi semester ganjil 2019/2020, seluruh mahasiswa penerima Bidikmisi diwajibkan meng-update data NIK (Nomor Induk Kependudukan) sesuai dengan KTP dan Kartu Keluarga yang diminta oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan paling lambat tanggal 10 September 2019. Untuk ituseluruh mahasiswa penerima Bidikmisi Universitas Sriwijaya diminta untuk segera mengisi formulir update data NIK secara online melalui tautan berikut ini: Silahkan klik ...

Jumat, 30 Agustus 2019 | [1712 Dibaca] PENDAFTARAN SULIET KHUSUS MAHASISWA BARU ANGKATAN 2019 UNIVERSITAS SRIWIJAYA (TANPA DIKENAI BIAYA PENDAFTARAN) (NEW)
Diumumkan kepada seluruh mahasiswa baru angkatan 2019 Universitas Sriwijaya, bahwa pendaftaran SULIET tanpa dikenai biaya pendaftaran telah dibuka. Informasi pendaftaran, jadwal dan pelaksanaan pendaftaran SULIET khusus mahasiswa baru dapat diakses melalui alamat berikut: Silahkan klik di sini.   UPT Bahasa Universitas ...

Selasa, 13 Agustus 2019 | [2860 Dibaca] PENGUMUMAN PEMBAGIAN JADWAL WISUDA KE-143
Terlampir kami sampaikan pengumuman pembagian jadwal wisuda ...

Senin, 05 Agustus 2019 | [1879 Dibaca] PENGUMUMAN PK2 2019
Diumumkan kepada seluruh mahasiswa baru (D.III, S1, S2 dan S3) acara kegiatan Program Pengenalan Kampus (PK2) Universitas Sriwijaya pada tanggal 6 Agustus 2019 wajib mematuhi hal-hal berikut. Selengkapnya silahkan unduh pengumuman ...

Minggu, 28 Juli 2019 | [1953 Dibaca] PENDAFTARAN ULANG DAN TES KESEHATAN CALON MAHASISWA BARU CALON PENERIMA BEASISWA BIDIKMISI UNIVERSITAS SRIWIJAYA JALUR SBMPTN TAHUN AKADEMIK 2019/2020
Calon mahasiswa baru Universitas Sriwijaya jalur SBMPTN Tahun 2019 dan juga sebagai calon penerima beasiswa BIDIKMISI yang dinyatakan lulus verifikasi kesesuaian data kemampuan ekonomi, wajib melaksanakan pendaftaran ulang dan tes kesehatan, dengan ketentuan sebagaimana pada lampiran pengumuman di bawah ini. Klik di sini untuk melihat hasil verifikasi Bidikmisi. Silahkan unduh lampiran pengumuman di bawah ...

Arsip Pengumuman » Feed

PENDIDIKAN

ARTIKEL

Senin, 08 April 2013 | [764209 Dibaca] JURNAL COMPUTER ENGINEERING AND APPLICATIONS (COMENGAPP) TELAH TERINDEKS DI DIRECTORY OF OPEN ACCESS JOURNAL (DOAJ)
Setelah Jurnal ComEnggApp berhasil terindeks oleh lembaga pengindeks Internasional seperti Copernicus, CORE, Google Schoolar, Newjour, Worldcat, dan Scridb. Serta terdaftar juga secara nasional di Portal Garuda. Alhamdulilah, Jurnal ComEngApp sebagai salah satu Jurnal Internasional...

Sabtu, 29 September 2012 | [763052 Dibaca] MEMBANGKITKAN ATMOSFIR RISET UNSRI
MEMBANGKITKAN ATMOSFIR RISET, PUSAT STUDI GEO ASET DAN PERUBAHAN IKLIM FAKULTAS MIPA MENGUNDANG PARA PAKAR Para mahasiswa Program Studi Fisika dan Program Studi Ilmu Kelautan Fakultas MIPA, dan mahasiswa Program Studi Teknik Pertambangan Fakultas Teknik mengikuti kuliah umum yang...

Sabtu, 12 Mei 2012 | [763315 Dibaca] IAES JOURNAL [FREE OF CHARGES]
Dear Prof / Dr / Researcher / Lecturers / StudentsInstitute of Advanced Engineering and Science (IAES). IAES is a non-profit international scientific association of distinguished scholars engaged in engineering and science devoted to promoting researches and technologies in engineering...

Selasa, 28 Februari 2012 | [2239571 Dibaca] INTERNATIONAL NEW MEDIA CONFERENCE - INMC-2012
INTERNATIONAL NEW MEDIA CONFERENCE - INMC-2012May 16-18, 2012www.inm-c.netIstanbul University, TURKEYDear Colleagues,We would like to invite you to submit proposals for the "International New Media Conference", which aims to provide a platform where...

Selasa, 28 Februari 2012 | [2277604 Dibaca] INTERNATIONAL CONFERENCE ON INTERDISCIPLINARY RESEARCH IN EDUCATION - ICOINE - 2012
INTERNATIONAL CONFERENCE ON INTERDISCIPLINARY RESEARCH IN EDUCATION - ICOINE - 2012May 15-17, 2012www.icoine.netSalamis Bay Conti Resort Hotel, North CyprusDear Colleagues,We would like to invite you to submit proposals for the "International Conference...

Arsip Pendidikan »
Sabtu, 25 April 2015 | [549440 Dibaca] LINDUNGI KARYA CIPTA ANAK BANGSA
  Banyaknya kasus Plagiasi yang dilakukan oleh insan akademik sebuah Perguruan Tinggi di Indonesia, membuat Kementrian RISTEK-DIKTI menggagas sebuah Forum Group Discussion pada acara Seminar Nasional Pencegahan dan Penanganan Plagiasi (16/4) di Jakarta. Ide tersebut muncul...

Jumat, 24 April 2015 | [576998 Dibaca] H-INDEX WOS ISI, SCOPUS DAN GOOGLE SCHOLAR
Saat ini di UNSRI sedang hangat tentang perhitungan H-Index SCOPUS, apalagi semenjak parameter ini menjadi salah satu syarat untuk dapat mengirimkan lebih dari satu...

Jumat, 27 Februari 2015 | [582914 Dibaca] MENGAPA SKRIPSI (KADANG) MENJADI PENUNDA KELULUSAN?
Ada mahasiswa yang menyelesaikan studi jenjang Strata 1 (sarjana) selama pas 4 tahun. Ada yang lebih lama, misalnya sampai menit terakhir yang diperbolehkan oleh aturan. Ada juga yang ngebut dan bisa selesai dalam tempo hanya 7 semester. Pada tingkat dunia ada beberapa bocah ajaib yang bisa...

Sabtu, 04 Mei 2013 | [633323 Dibaca] UNIVERSITAS SRIWIJAYA KAMPUS TERCERDAS DILUAR JAWA VERSI TESCA 2013
Menjadikan Unsri sebagai ‘worldclass university’ telah menjadi mimpi bersama dan tujuan yang ingin segera diwujudkan oleh segenap sivitas akademika, tenaga kependidikan dan juga alumni Universitas Sriwijaya. Berbagai  upaya dan langkah-langkah  strategis terus dikembangkan...

Sabtu, 27 April 2013 | [655036 Dibaca] KOMPUTERISASI PEMERIKSAAN HASIL UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Tanpa terasa sepuluh hari telah berlalu sejak UAN SMA dimulai 15 April lalu, berbagai pendapat dan wacana terlontar dari berbagai kalangan, baik yang peduli dengan pendidikan maupun yang hanya melihat momentum ini sebagai media untuk mengekspresikan diri. Bagi para Siswa, orang tua siswa, Guru,...

Arsip Artikel »