BERITA DAN INFORMASI

IKAPERSI Dan BEM KM PSIK Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya Menggelar Seminar Nasional Keperawatan

Rabu, 29 November 2017 | [2947 Dibaca]

Ikatan Alumni Keperawatan Universitas Sriwijaya (IKAPERSI) dan BEM KM PSIK Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya menggelar seminar nasional keperawatan yang diberi tema "Implikasi Perawatan Paliatif pada Dunia Kesehatan" yang berlangsung di Grand Atyasa Convention Center Palembang, digelar selama 2 hari, pada tanggal 25-26 November 2017.

Hadir sebagai narasumber pada seminar nasional tersebut yakni, dr. Niken Wasta Palupi, MKM dengan tema "Perkembangan Perawatan Paliatif Kanker dan HIV", DR. Sri Setiyarini, M.Kes dengan tema "Perkembangan Perawatan Paliatif di ICU dan UGD", dr. Muhammad Ali Apriansyah SpPD, Kpsi, FINASIM dengan tema "Pendekatan Psikosomatik pada Penatalaksanaan Pasien yang Memerlukan Perawatan Paliatif", Jum Natosba, S.Kep. Ns. M.Kep. Sp. Kep. Mat dengan tema “Paliatif Nursing Theori”, dan Warnides, S.KEP, Ns dengan tema "Peran Alumni dalam Perkembangan PSIK FK UNSRI Menuju Perawatan Palliative Tahun 2025".

Seminar nasional ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. dr. Mohammad Zulkarnain, M.Med. Sc. Dalam sambutannya dia mengungkapkan bahwa pentingnya quality dalam perawatan dan pengobatan.

"Berbicara tentang perawatan paliatif ada satu yang harus ditonjolkan yaitu fashion quality, kualitas dari sisi pasien, karna di paliatif ini perawatan kayaknya lebih bersifat personal bahkan sangat personal".

Lebih lanjut dikatakannya perawat yang bertugas harus menguasai bagaimana komunikasi individu dengan pasien. Menurutnya ini merupakan suatu ilmu yang sangat diperlukan dari sisi personal quality.

"Perawat harus menguasai teknik-teknik komunikasi individu dengan pasien-pasiennya disamping itu kemampuan ilmu keperawatannya juga harus mumpuni" ujarnya.

Sementara Dekan Fakultas Universitas Sriwijaya, dr. Syarif Husin, M.S megungkapkan banyak hal yang perlu disampaikan, dikaji, ditelaah kembali agar lebih maju lagi untuk kedepannya. Dalam kesempatan itu dia mengutarakan masalah masyarakat yang lebih senang dan bangga untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di luar daerah bahkan di luar negeri.

"Apakah pelayanan kesehatan yang kita lakukan selama ini tidak baik, sehingga masyarakat kita lebih senang dan lebih bangga untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di luar. Apa yang harus diperhatikan agar masyarakat nyaman di rumahnya sendiri" ujarnya saat memberi sambutan.

Dia berharap dengan adanya kegiatan seminar ini dapat saling mengasuh, mengasih, dan memberikan kontribusi terhadap kemajuan pelayanan kesehatan.

Selain dari Kementerian Kesehatan, Seminar nasional itu di hadiri juga oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, dr. Letizia, M.Kes, kepala dinas pendidikan kota Palembang, dan Ikatan Alumni Keperawatan Universitas Sriwijaya beserta tamu undangan lainnya.(Ara)



Berita dan Informasi Lainnya:

07 Juni 2018 PELANTIKAN DEKAN FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS SRIWIJAYA
07 Juni 2018 UNIVERSITAS SRIWIJAYA DENGAN MDP PALEMBANG DAN STISIPOL CANDRADIMUKA TANDATANGANI PERJANJIAN KERJASAMA
04 Juni 2018 UNIVERSITAS SRIWIJAYA LELANG SATU PAKET BARANG INVENTARIS KONDISI RUSAK BERAT
04 Juni 2018 UNIVERSITAS SRIWIJAYA BUKA PUASA SEKALIGUS BERI BINGKISAN DAN PENGHARGAAN KEPADA MAHASISWA BERPRESTASI
31 Mei 2018 MENHUB RI BERI BANTUAN BUS KEPADA MAHASISWA UNIVERSITAS SRIWIJAYA
28 Mei 2018 PERINGATI HARKITNAS, UNIVERSITAS SRIWIJAYA GELAR UPACARA BENDERA DAN TANDATANGANI DEKLARASI ANTI RADIKALISME
18 Mei 2018 PERINGATI ISRA MI'RAJ, REKTOR UNIVERSITAS SRIWIJAYA AJAK CIVITAS AKADEMIKA SAMBUT RAMADHAN DENGAN KEGIATAN BERMANFAAT
18 Mei 2018 PEMPROV SUMSEL HIBAHKAN TANAH PEMBANGUNAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNSRI
18 Mei 2018 FKM UNIVERSITAS SRIWIJAYA MENJADI TUAN RUMAH RAPAT PEMBAHASAN UJI KOMPETENSI SARJANA KESEHATAN LINGKUNGAN
05 Mei 2018 PENYERAHAN SK DOSEN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL (CPNS) LINGKUP UNIVERSITAS SRIWIJAYA
05 Mei 2018 TINGKATKAN KUALITAS PELAKSANAAN PBJ UNIVERSITAS SRIWIJAYA GELAR SOSIALISASI PENDAMPINGAN TP4D KEJAKSAAN TINGGI SUMSEL
27 April 2018 UNIVERSITAS SRIWIJAYA MEMPEROLEH PENGHARGAAN DARI KANWIL DIRJEND PERBENDAHARAAN PROVINSI SUMSEL
26 April 2018 UNIVERSITAS SRIWIJAYA GELAR SIMPOSIUM
26 April 2018 29 PERGURUAN TINGGI UNGGULAN DISIAPKAN JADI PENGASUH
26 April 2018 GELAR ROADSHOW DI UNIVERSITAS SRIWIJAYA, DEUREUHAM BERI AKSES PEMBIAYAAN EKRAFPRENEUR
13 April 2018 REUNI AKBAR SEKALIGUS PELANTIKAN PENGURUS IKA UNIVERSITAS SRIWIJAYA PERIODE 2017-2021
11 April 2018 TINGKATKAN KESADARAN PAJAK, DIRJEN PAJAK KANWIL SUMSEL DAN KEP BABEL GELAR KULIAH UMUM
10 April 2018 KULIAH UMUM MENDAGRI SEKALIGUS PENGUKUHAN PENGURUS IKA FISIP UNSRI PERIODE 2018-2022
29 Maret 2018 UNIVERSITAS SRIWIJAYA DENGAN KWARTIR DAERAH GERAKAN PRAMUKA SUMSEL SEPAKAT TANDATANGANI NOTA KESEPAHAMAN BERSAMA
28 Maret 2018 WORKSHOP "PERCEPATAN KEMAJUAN PENDIDIKAN TINGGI DALAM ERA DISRUPTION DAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0"