BERITA DAN INFORMASI

IKAPERSI Dan BEM KM PSIK Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya Menggelar Seminar Nasional Keperawatan

Rabu, 29 November 2017 | [3009 Dibaca]

Ikatan Alumni Keperawatan Universitas Sriwijaya (IKAPERSI) dan BEM KM PSIK Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya menggelar seminar nasional keperawatan yang diberi tema "Implikasi Perawatan Paliatif pada Dunia Kesehatan" yang berlangsung di Grand Atyasa Convention Center Palembang, digelar selama 2 hari, pada tanggal 25-26 November 2017.

Hadir sebagai narasumber pada seminar nasional tersebut yakni, dr. Niken Wasta Palupi, MKM dengan tema "Perkembangan Perawatan Paliatif Kanker dan HIV", DR. Sri Setiyarini, M.Kes dengan tema "Perkembangan Perawatan Paliatif di ICU dan UGD", dr. Muhammad Ali Apriansyah SpPD, Kpsi, FINASIM dengan tema "Pendekatan Psikosomatik pada Penatalaksanaan Pasien yang Memerlukan Perawatan Paliatif", Jum Natosba, S.Kep. Ns. M.Kep. Sp. Kep. Mat dengan tema “Paliatif Nursing Theori”, dan Warnides, S.KEP, Ns dengan tema "Peran Alumni dalam Perkembangan PSIK FK UNSRI Menuju Perawatan Palliative Tahun 2025".

Seminar nasional ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Dr. dr. Mohammad Zulkarnain, M.Med. Sc. Dalam sambutannya dia mengungkapkan bahwa pentingnya quality dalam perawatan dan pengobatan.

"Berbicara tentang perawatan paliatif ada satu yang harus ditonjolkan yaitu fashion quality, kualitas dari sisi pasien, karna di paliatif ini perawatan kayaknya lebih bersifat personal bahkan sangat personal".

Lebih lanjut dikatakannya perawat yang bertugas harus menguasai bagaimana komunikasi individu dengan pasien. Menurutnya ini merupakan suatu ilmu yang sangat diperlukan dari sisi personal quality.

"Perawat harus menguasai teknik-teknik komunikasi individu dengan pasien-pasiennya disamping itu kemampuan ilmu keperawatannya juga harus mumpuni" ujarnya.

Sementara Dekan Fakultas Universitas Sriwijaya, dr. Syarif Husin, M.S megungkapkan banyak hal yang perlu disampaikan, dikaji, ditelaah kembali agar lebih maju lagi untuk kedepannya. Dalam kesempatan itu dia mengutarakan masalah masyarakat yang lebih senang dan bangga untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di luar daerah bahkan di luar negeri.

"Apakah pelayanan kesehatan yang kita lakukan selama ini tidak baik, sehingga masyarakat kita lebih senang dan lebih bangga untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di luar. Apa yang harus diperhatikan agar masyarakat nyaman di rumahnya sendiri" ujarnya saat memberi sambutan.

Dia berharap dengan adanya kegiatan seminar ini dapat saling mengasuh, mengasih, dan memberikan kontribusi terhadap kemajuan pelayanan kesehatan.

Selain dari Kementerian Kesehatan, Seminar nasional itu di hadiri juga oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang, dr. Letizia, M.Kes, kepala dinas pendidikan kota Palembang, dan Ikatan Alumni Keperawatan Universitas Sriwijaya beserta tamu undangan lainnya.(Ara)



Berita dan Informasi Lainnya:

18 September 2018 MENTERI PERIKANAN DAN KELAUTAN RI MENINJAU LOKASI EMBUNG UNSRI
17 September 2018 SOSIALISASI KOMURINDO - KOMBAT LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL (LAPAN)
17 September 2018 HUMAS UNIVERSITAS SRIWIJAYA GELAR PELATIHAN JURNALISTIK
06 September 2018 DUTA BESAR INGGRIS, MOAZZAM MALIK BERI KULIAH UMUM KEPADA RATUSAN MAHASISWA UNIVERSITAS SRIWIJAYA
06 September 2018 PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI KINERJA DOSEN TETAP NON PNS UNIVERSITAS SRIWIJAYA TAHUN 2018
24 Agustus 2018 PERINGATI HARI RAYA IDUL ADHA UNIVERSITAS SRIWIJAYA POTONG 6 EKOR HEWAN KURBAN
15 Agustus 2018 DIREKTORAT PELH KEMENLU RI GELAR SEMINAR DIPLOMASI RI BAGI PENCAPAIAN TUJUAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN 2030 DI INDONESIA
12 Agustus 2018 KEPALA PPATK BERI KULIAH UMUM TENTANG PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN KORUPSI
09 Agustus 2018 GROUNDBREAKING PEMBANGUNAN EMBUNG UNIVERSITAS SRIWIJAYA
09 Agustus 2018 FKIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA GELAR SYUKURAN ATAS CAPAIAN AKREDITASI A
07 Agustus 2018 SUKSES KARENA ILMU DAN ETIKA
02 Agustus 2018 UNIVERSITAS SRIWIJAYA PECAHKAN REKOR DUNIA INDONESIA MEMAKAI TANJAK TERBANYAK
30 Juli 2018 UNIVERSITAS SRIWIJAYA - THE CENTER FOR INTERNATIONAL FORESTRY RESEARCH SEPAKAT MENANDATANGANI MOU
26 Juli 2018 UNIVERSITAS SRIWIJAYA DENGAN UNIVERSITAS PEMBANGUNAN NASIONAL "VETERAN" JAKARTA TANDATANGANI MOU
23 Juli 2018 LAKUKAN MONITORING DAN EVALUASI KEGIATAN HUMAS DENGAN APLIKASI SIPUTASI
16 Juli 2018 SEMINAR NASIONAL PERHIMPUNAN ENTOMOLOGI INDONESIA (PEI) CABANG PALEMBANG 2018
13 Juli 2018 PEMBUKAAN DIKLAT JABATAN FUNGSIONAL PERENCANA PERTAMA ANGKATAN III TAHUN 2018
13 Juli 2018 TINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK, FAKULTAS TEKNIK BANGUN PUSAT PELAYANAN TERPADU
12 Juli 2018 FISIP UNIVERSITAS SRIWIJAYA GELAR ICOSH 2018 HUMANITIES IN THE DIGITAL AGE: THE ROLE OF EDUCATION AND SCIENTIFIC RESEARCH
12 Juli 2018 DUA KANDIDAT JPT IKUTI SELEKSI WAWANCARA DAN KARYA TULIS