Lembaga Pengabdian Masyarakat



Contact

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPM)
Kampus Unsri Indralaya Jl. Raya Palembang-Prabumulih km-32, OI 30662
Tel.:0711-580074; Tel/Fax: 0711-581058
Website: www.lpm.unsri.ac.id

 

A. PENDAHULUAN

Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPM) merupakan unsur pelaksana akademik dalam suatu perguruan tinggi untuk melaksanakan salah satu Tri Dharma Perguruan tinggi, yaitu kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kendatipun Unsri berdiri pada tahun 1960, LPM Unsri secara resmi baru didirikan pada tanggal 1 April 1980, melalui SK Rektor Nomor: 629/IV/PG/1980.
Kegiatan Program Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) merupakan kegiatan penting bagi suatu pendidikan tinggi. Implementasi dan pelaksanaan kegiatan ini dilakukan oleh dosen di bawah koordinasi Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat. Sebagai salah satu komponen dalam Tri Dharma, kegiatan pengabdian masyarakat mesti dilaksanakan secara terintegrasi dan tidak terlepas dari unsur unsur Tri Dharma lainnya, yaitu pendidikan dan penelitian. Gambaran keterkaitan antara ketiga unsur tersebut adalah sebagai berikut:

 

1. Domisili

LPM Universitas Sriwijaya berdomisili di lokasi utama kampus Universitas Sriwijaya, yaitu: Zona G, Kampus Universitas Sriwjaya Indralaya dengan alamat sebagai berikut:

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPM)
Kampus Unsri Indralaya Jl. Raya Palembang-Prabumulih km-32, OI 30662
Tel.:0711-580074; Tel/Fax: 0711-581058
www.unsri.ac.id ; www.lpm-unsri.org; www.lpm-unsri.ac.id;

2. Fungsi dan Tugas LPM Unsri

Seperti tercantum dalam SK Rektor Nomor: 629/IV/PG/1980, fungsi dan tugas LPM Unsri adalah:

  1. Mengamalkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni
  2. Meningkatkan relevansi program pendidikan
  3. Membantu pemerintah dan masyarakat dalam melaksanakan pembangunan
  4. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui kerjasama dengan instansi pemerintah, swasta, dan lain-lain.

 

3. Motto LPM Unsri

Dalam rangka menanamkan rasa tanggung-jawab dan profesionalisme dalam pengelolaaan, LPM Unsri menetapkan Motto sebagai berikut:

LEMBAGA PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPM)
UNIVERSITAS SRIWIJAYA
Mengabdi untuk kemajuan masyarakat Indonesia

Pola umum kegiatan LPM Unsri meliputi:
  1. Pendampingan/Kuliah Kerja Nyata
  2. Promosi, pemasaran, dan aplikasi Iptek dan patent
  3. Pelatihan/penyuluhan
  4. Bantuan tenaga ahli/expertise

 

5. Visi dan Misi

Visi LPM Unsri adalah menjadi Lembaga professional yang mampu berkompetisi dalam program aplikasi IPTEK, pemberdayaan dan peningkatan pengetahuan, kesadaran dan keterampilan masyarakat, yang dilaksanan atas dasar kepercayaan, penugasan ataupun dalam bentuk kerjasama program.

Visi LPM Unsri adalah menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan berdasar pada riset yang diberikan kepada masyarakat dalam bentuk aplikasi dan inovasi IPTEK, motivasi, peningkatan pengetahuan, dan manajerial, baik melalui kegiatan penyuluhan, pelatihan, pendidikan, pendampingan, ataupun percontohan.

 

6. Sasaran Strategis

Sasaran strategis LPM Unsri yang akan dicapai adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kinerja, pelayanan, dan pencitraan
  2. Meningkatkan keterlibatan dosen dan mahasiswa
  3. Meningkatkan kualitas hasil/outcome
  4. Meningkatkan peran dan konstribusi dalam proses pembangunan
  5. Meningkatkan kerjasama dengan instansi pemerintah, swasta, yayasan, perusahaan dll.
  6. Meningkatkan revenue.
Guna mencapai sasaran strategis di atas, LPM Unsri menetapkan program kerja sebagai berikut:
  1. Pembinaan disiplin dan kinerja pegawai, penataan ruang kerja yang baik dan nyaman, penataan ruang koleksi (Showroom) serta peningkatan intensitas pemeliharaan fasilitas.
  2. Pemasangan jaringan internet
  3. Pembuatan program data base kegiatan dan pelaksana kegiatan LPM dan data base direktori partner kerja LPM
  4. Peningkatan koordinasi dengan Dekan Fakultas
  5. Peningkatan sosialiasi dan evaluasi kegiatan-kegiatan LPM
  6. Peningkatan kualitas out put hasil-hasil kegiatan LPM berupa pelaksanaan
  7. seminar pembahasan dan penerbitan prosiding hasil kegiatan.
  8. Reorganisasi dan peningkatan kinerja Pusat KKN, Pusat Manajemen, dan pembentukan Pusat lainnya.
  9. Penyusunan proposal dan Bahan/materi pelatihan

 

7. Jenis dan Model Kegiatan

Jenis kegiatan yang dapat dilakukan dalam rangka kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah sbb:

  1. Pembinaan dan pelatihan dalam rangka meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kesadaran masyarakat.
  2. Pendampingan manajemen/pengelolaan usaha kepada UMKM.
  3. Pendampingan pelaksanaan pendidikan informal, dasar, dan keaksaraan kepada masyarakat.
  4. Pendampingan pelaksanaan kegiatan sosial kemasyarakatan yang bersifat nirlaba.
  5. Introduksi, innovási, dan aplikasi IPTEK kepada masyarakat.
  6. Introduksi, innovasi, dan aplikasi IPTEK kepada UMKM.
  7. Keterlibatan dalam kegiatan penanggulangan Bencana Alam.

Model kegiatan dalam pelaksanaan kegiatan masyarakat LPM Unsri adalah sebagai berikut:
  1. Penyuluhan
  2. Peragaan
  3. Pelatihan/praktek
  4. Modifikasi bahan/alat
  5. Pembuatan bahan/alat baru
  6. Pembuatan percontohan (Demplot)
  7. Kuliah Kerja Nyata Tematik ( KKN Tematik)
Dalam rangka mendukung visi Unsri 2020, beberapa kegiatan dalam lini pengabdian kepada masyarakat saat ini terkelompokkan sbb:
  1. Penugasan Depdiknas: Program Pemberdayaan Masyarakat, UKM dan Bina Lingkungan meliputi: kegiatan Gerakan Nasional Percepatan Penuntasan Wajib Belajar, dan Gerakan Nasional Percepatan Pemberantasan Buta Aksara
  2. Penugasan dari Dikti meliputi, Program Aplikasi IPTEK dan Transfer Teknologi; Program Pemberdayaan Masyarakat, UKM, dan Koperasi; serta Program Kerjasama Komunikasi dan Konsultasi IPTEK
  3. Kerjasama dengan Pemda/Perusahaan/Yayasan meliputi Program pemberdayaan masyarakat, UKM dan Koperasi; Program Peningkatan pengetahuan, kesadaran hukum, dan prilaku hidup masyarakat; Program Peningkatan Pengetahuan dan kinerja tenaga budgeting dan supervisi perusahaan; Program peningkatan produktivitas dan efesiensi usaha tani; Program Peningkatan pengetahuan dan kinerja tenaga kesehatan pedesaan; Kerjasama dalam rangka Program Corporate Social Responsibility (CSR)


B. ORGANISASI PERSONALIA

Organisasi LPM Unsri dipimpin oleh seorang ketua dan dibantu oleh seorang sekretaris (Gambar 1). Dalam pengelolaan administrasi dipimpin oleh seorang Kasubag dibantu oleh 3 kasubag dan 13 orang staf/karyawan (Tabel 1). Dalam melaksanakan fungsinya, saat ini LPM Unsri membawahi 2 pusat dan dibantu oleh Ketua Unit Pengabdian pada masing-masing fakultas. Pusat tersebut masing-masing dipimpin oleh seorang kepala pusat sbb:

  1. Pusat Kuliah Kerja Nyata (KKN)
  2. Pusat Manajemen
Sesuai dengan perkembangan dan tuntutan masyarakat, pusat-pusat tersebut akan terus berkembang dan bertambah jumlahnya. Saat ini sedang dipersiapkan pendirian sejumlah pusat, di antaranya:
  1. Pusat Pemberdayaan Budaya dan Bina Lingkungan
  2. Pusat Promosi Iptek dan Patent
  3. Pusat Pengembangan Wilayah Binaan
  4. Pusat Pengembangan INBIS dan Kewirausahaan.
  5. Pusat Koordinasi Penanggulangan Bencana.


Tenaga ahli yang terdapat di LPM pada dasarnya adalah seluruh staf dosen yang bekerja pada Universitas Siriwijaya. Tenaga ahli tersebut terdiri dari berbagai bidang ilmu dan keahlian yang berasal dari berbagai Fakultas/Jurusan dalam lingkungan Universitas Sriwijaya. Disamping apabila diperlukan LPM Unsri dapat menggunakan tenaga ahli dari luar seperti ahli perbankan dari Bank BNI, Bank Mandiri dan Bank Sumsel.

 

C. SARANA DAN FASILITAS LPM UNSRI

Sarana dan fasilitas LPM Unsri berada terpusat di Kantor LPM Unsri di Kampus Unsri Indralaya. Gambaran umumnya dapat dilihat pada Gambar 1 dan rinciannya terdapat pada Tabel 2. Sarana dan fasilitas tersebut masih perlu terus dilengkapi dan ditingkatkan sejalan dengan kebutuhan dan intensitas aktifitas LPM Unsri dan saat ini telah memiliki fasilitas jaringan internet wíreless (hot spot) untuk semua ruangan.


D. PERKEMBANGAN JUMLAH DAN JENIS AKTIVITAS DAN KONTRAK
KERJA LPM UNSRI TAHUN 1999-2008.

Data Perkembangan Jumlah dan Jenis Aktivitas Program dan Kegiatan LPM Unsri tahun 1999-2008, di sajikan pada Tabel 4. Sementara Daftar Kontrak Kerja disajikan pada Tabel 5. Jenis kegiatan LPM Unsri secara umum berjumlah 13 jenis kegiatan. Jenis kegiatan tersebut bervariasi setiap tahun, tergantung pada program yang diluncurkan oleh Dikti. Pada tahun 2001dan 2008, Dikti mengadakan program baru Sibermas, yaitu kegiatan pemberdayaan masyarakat dan Vucer Multiyear (VMT). LPM Unsri mendapatkan program Sibermas secara berturut-turut pada tahun 2001, 2002 dan 2003, dan program VMT pada tahun 2007. Sementara itu, LPM Unsri mendapatkan kegiatan Inkubator Usaha Baru (Inwub) dari Dikti pada tahun 1999 dan 2000.

Jumlah kegiatan LPM pada tahun 1999-2008 bervariasi dari 50 kegiatan pada tahun 2000, 110 kegiatan pada tahun 2006 dan 65 kegiatan pada tahun 2007. Data sementara pada tahun 2008, jumlah kegiatan LPM telah mencapai 90 kegiatan. Jumlah kegiatan yang menonjol adalah kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui DIP Unsri yang mencapai 76 kegiatan pada tahun 2006, diikuti dengan kegiatan Program Ipteks dari Dikti yang mencapai 16 kegiatan pada tahun 2003, 2004 dan 21 kegiatan pada tahun 2006. Kegiatan kerjasama dengan pihak swasta/BUMD/ BUMN/Yayasan/ Pemda sangat bervariasi dan pernah mencapai 18 kegiatan pada tahun 2004, dan tahun 2008 mencapai 15 kegiatan. Jumlah dan jenis aktivitas ini masih perlu terus ditingkatkan sejalan dengan perkembangan LPM Unsri di masa datang. (***Data selengkapnya dapat diminta langsung Kepada Subag Data LPM Unsri pada alamat di atas).

 

E. PERKEMBANGAN JUMLAH DOSEN DAN MAHASISWA YANG
MELAKSANAKAN KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT

Data jumlah dosen dan mahasiswa yang melaksanakan kegiatan pengabdian kepada Masyarakat pada LPM Unsri Tahun 1999-2008 disajikan pada Tabel 6. Jumlah dosen dan mahasiswa tersebut bervariasi pada setiap tahun. Padan tahun 1999 tecatat sebanyak 366 orang dosen dan 1950 orang mahasiswa melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Pada tahun 2003, jumlah tersebut berubah, masing-mesing menjadi 370 orang dosen dan 389 orang mahasiswa. Pada tahun 2007, jumlah tersebut menjadi 307 orang dosen dan 154 orang mahasiswa. Data sementara pada tahun 2008, jumlah tersebut telah mencapai 379 orang dosen dan 436 orang mahasiswa. Jenis kegiatan yang tercatat paling banyak diikuti oleh dosen, adalah kegiatan pengabdian DIP Unsri dengan jumlah berkisar 200 s/d 400 orang per tahun, sedangkan . Jenis kegiatan yang tercatat paling banyak diikuti oleh mahasiswa adalah kegiatan Kuliah Kerja Nyata dengan jumlah peserta 150 s/d 200 orang mahasiswa per tahun. Jumlah dosen dan mahasiswa ini masih perlu terus ditingkatkan sejalan dengan perkembangan LPM Unsri di masa datang. (***Data selengkapnya dapat diminta langsung Kepada Subag Data LPM Unsri pada alamat di atas).

.:: PENCARIAN
Masukkan Kata Kunci:

.:: AKSES UNSRI

.:: SEMINAR (CALL FOR PAPERS)
  [07 Agustus 2014] [4208 Hits]
INTERNATIONAL CONFERENCE ON COMPUTER SCIENCE AND ENGINEERING
  [22 Juli 2014] [3219 Hits]
EECSI 2014 CALL FOR PAPERS: SUPPORTED 3 IMPACT FACTOR & 4 SCOPUS INDEXED JOURNALS
  [14 Juni 2014] [6049 Hits]
SRIWIJAYA INTERNATIONAL SEMINAR ON ENERGY ENVIRONMENTAL SCIENCE AND TECHNOLOGY (SISEEST 5TH) 2014
  [13 Juni 2014] [5955 Hits]
SEMINAR NASIONAL LAHAN SUBOPTIMAL 2014
  [14 November 2013] [14754 Hits]
SEMINAR NASIONAL HASIL HASIL PENELITI ILMU HUKUM TAHUN 2013 *NEW

.:: LEMBAGA PENELITIAN
  [16 September 2014]
JADWAL MONEV EKSTERNAL PENELITIAN DESENTRALISASI DAN KOMPETITIF NASIONAL 2014
  [12 September 2014]
REVISI JADWAL MONEV SATEKS DAN UNGGULAN KOMPETITIF DAN KOLABORASI INTERNASIONAL
  [05 September 2014]
MONEV PENELITIAN : SATEKS, UNGGULAN KOMPETITIF&KOLABORASI INTERNASIONAL
  [04 September 2014]
SEMINAR NASIONAL RISET INOVATIF DAN SENINAR NASIONAL SNAPP
  [26 Agustus 2014]
JADWAL SITE VISIT

.:: LOWONGAN KERJA
  [17 September 2013] [18257 Hits]
PT.KALTIM PRIMA COAL
  [08 September 2013] [21074 Hits]
REKRUTMEN CALON PEGAWAI PT. PUPUK SRIWIDJAJA PALEMBANG 2013
  [01 Agustus 2013] [18157 Hits]
LOWONGAN PT. DIZAMATRA POWERINDO
  [30 Juli 2013] [19290 Hits]
LOWONGAN KERJA: PENDIDIKAN CALON PEGAWAI MUDA (PCPM) - BANK INDONESIA
  [08 April 2013] [24658 Hits]
LOWONGAN KERJA DI PT. PRATAMA NUSANTARA SAKTI

.:: DOWNLOAD
  Keputusan Menteri Tentang Statuta Universitas Sriwijaya
  Kebijakan Akademik Universitas Sriwijaya
  Etika Akademik Civitas Akademika Universitas Sriwijaya
  Kode Etik Pelaku Penelitian Universitas Sriwijaya
  Buku Panduan Konvensi FRI-2011

.:: OFFICIAL E-MAIL


.:: PUSAT UNGGULAN RISET


.:: JASA KETENAGAKERJAAN


.:: LINK


.:: RANKING


.:: KANTOR PUSAT ADMINISTRASI

Universitas Sriwijaya
Jl. Raya Palembang - Prabumulih Km. 32 Indralaya, OI, Sumatera Selatan 30662
Phone: +62 711 580169, 580069, 580129, 580275, 580645
Faximile: +62 711 580644
Email: humas(@)unsri.ac.id