VISI DAN MISI UNIVERSITAS

Salah satu tujuan pendidikan tinggi adalah menghasilkan lulusan yang dapat melaksanakan pembangunan sesuai dengan kebutuhan pembangunan Nasional. Karena kebutuhan pembangunan nasional bukanlah sesuatu yang statis, artinya akan selalu berubah sesuai dengan perubahan situasi regional maupun global, maka perguruan tinggi dituntut pula untuk senantiasa berubah dan menyesuaikan diri dengan perubahan kebutuhan dan pembangunan, disamping menyesuaikan diri terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan informasi dunia. Hal inilah yang merupakan tantangan utama yang dihadapi pendidikan tinggi Indonesia memasuki abad XXI, yang akan diawali dengan era persaingan bebas dan keterbukaaan pasar regional (ASEAN Free Trade Area: AFTA) dan selanjutnya persaingan bebas dan keterbukaan pasar Asia Pasifik (Asia Pacific Economic Coorporation:APEC) tahun 2020.

Angin "Keterbukaan Pasar" ini terlihat mulai menyentuh Unsri. Permintaan untuk mengikuti pendidikan di Unsri dari calon mahasiswa luar negeri mulai terasa meningkat dalam beberapa tahun belakangan ini. Hal ini merupakan fenomena yang menggembirakan sekaligus merupakan tantangan. "Menggembirakan", karena Unsri telah mulai diperhitungkan sebagai perguruan tinggi yang berkwalitas untuk diminati oleh calon mahasiswa dari luar negeri. "Tantangan", karena hal ini menuntut dilakukannya perbaikan, peningkatan dan pengembangan institusional di segala aspek sehingga standar akademik Unsri benar-benar setara dengan perguruan tinggi di luar negeri setidak-tidaknya dalam kawasan regional.

Di abad XXI perguruan tinggi di Indonesia termasuk Unsri telah harus dapat menghasilkan lulusan yang lebih berkualitas dan mampu berperan dalam masyarakat global. Hal ini menuntut dilakukannya peningkatan jumlah, mutu dan sarana akademik dan non akademik seiring dengan upaya memperbaiki administrasi dan manajemen organisasi. Dalam upaya mempersiapkan diri menghadapi tantangan abad XXI ini, Unsri telah melakukan pengkajian lingkungan internal untuk melihat kekuatan (Strength) dan kelemahan (Weakness), dan pengkajian lingkungan eksternal untuk melihat peluang (Oppurtunities) dan tantangan (threat) yang akan dihadapi. Dari kajian SWOT ini dirumuskan visi, Misi dan Tujuan Unsri menghadapi abad XXI.

 

VISI UNSRI

Menjadi Perguruan Tinggi terkemuka dan berbasis riset yang unggul dalam berbagai bidang ilmu, teknologi, dan seni pada tahun 2025.

 

MISI UNSRI  

Misi untuk mewujudkan visi Universitas Sriwijaya meliputi :

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan tinggi dalam upaya menghasilkan manusia terdidik yang dapat menerapkan, mengembangkan, dan/atau menciptakan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni.
  2. Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran, ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni serta memiliki nilai aplikasi dalam pembangunan.
  3. Menyelenggarakan dan mengembangkan pengabdian kepada masyarakat dengan menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni untuk mewujudkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat.
  4. Menyelenggarakan pembinaan dan pengembangan bakat, minat, penalaran, dan kesejahteraan mahasiswa.
  5. Menyelenggarakan kerja sama dengan lembaga lain, baik nasional maupun internasional.
  6. Mewujudkan sistem manajemen yang profesional, efektif, efisien, dan akuntabel.

  

TUJUAN UNSRI

  1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas, berakhlak mulia, mandiri dan menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, olahraga dan seni.
  2. Menghasilkan ilmu pengetahuan dan teknologi unggul, tepat guna melalui penelitian yang inovatif.
  3. Meningkatkan peran serta Universitas Sriwijaya dalam menyelesaikan permasalahan sosial dan pembangunan melalui pengabdian kepada masyarakat yang berkelanjutan.
  4. Menciptakan atmosfir akademik untuk mendorong mahasiswa kreatif, adaptif dan memiliki karakter yang sesuai dengan tuntutan globalisasi.
  5. Menjalin kerjasama dengan mitra kerja regional, nasional maupun internasional dalam upaya mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, olahraga dan seni.
  6. Meningkatkan kualitas sistem manajemen yang profesional, efisien, efektif, transparan, dan akuntabel.

SASARAN 

  1. Terselenggaranya proses belajar mengajar yang berkualitas, efisien dan produktif dengan menerapkan kurikulum yang relevan dan mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), memuat keunikan/keunggulan keilmuan Universitas Sriwijaya, dan didukung oleh teknologi informasi.
  2. Terciptanya atmosfir akademik yang menumbuhkembangkan karakter, kreativitas, soft skills dan life skills, dan kewirausahaan mahasiswa.
  3. Perluasan daya tampung Universitas Sriwijaya dalam pendidikan terutama untuk calon mahasiswa dari keluarga tidak mampu dan atau berasal dari daerah terpencil.
  4. Terciptanya hasil kajian penelitian berupa pengetahuan empirik, teori, konsep, metodologi, model, informasi baru dan cara kerja baru.
  5. Terwujudnya hasil penelitian yang bermanfaat untuk masyarakat dan industri.
  6. Peningkatan jumlah hasil penelitian berpotensi HaKI dan memperoleh HaKI.
  7. Terwujudnya peran Universitas Sriwijaya membantu pemerintah dalam proses pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.
  8. Peningkatan efektivitas, efisiensi, relevansi dan keterpaduan proses perencanaan dan penganggaran.
  9. Laporan Keuangan BLU Universitas Sriwijaya mendapat OPINI WTP dari auditor ekternal (BPK dan KAP).
  10. Peningkatan Proses layanan manajemen yang efektif, efisien, terpadu, relevan dan berkelanjutan.
  11. Peningkatan Kinerja dan tanggung jawab pengelolaan Barang Milik Negara secara efektif, efisien, terpadu, relevan dan berkelanjutan.

 


BERITA

PENGUMUMAN

Jumat, 18 Oktober 2019 | [63 Dibaca] TINGKATKAN KARAKTER DAN JATI DIRI BANGSA MELALUI SENI BUDAYA KAMPUS
Universitas Sriwijaya (Unsri) berupaya meningkatkan karakter dan jati diri bangsa melalui seni budaya kampus. Acara tersebut diselenggarakan di depan Auditorium Kampus Unsri Indralaya, Rabu ...

Jumat, 18 Oktober 2019 | [67 Dibaca] UNSRI KOMITMEN MEWUJUDKAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK YANG BERKUALITAS
Menindaklanjuti rangkaian tahapan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Badan Publik Tahun 2019 yang dilakukan oleh Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Perguruan Tinggi, Universitas Sriwijaya (Unsri) mempresentasikan keterbukaan informasi ...

Jumat, 18 Oktober 2019 | [44 Dibaca] HUMAS UNSRI GELAR PELATIHAN VIDEO JURNALISTIK
Dalam rangka meningkatkan kompetensi sumber daya manusia (SDM) di bidang jurnalistik, Biro Perencanaan dan Hubungan Masyarakat (BPHM) Universitas Sriwijaya (Unsri) menggelar pelatihan video jurnalistik yang diberi tema “Perencanaan Produksi Video Berita dan Praktik Pengambilan Video ...

Kamis, 17 Oktober 2019 | [90 Dibaca] TINGKATKAN PENDIDIKAN DAN PENELITIAN, UNIVERSITAS SRIWIJAYA TANDATANGANI MOU DENGAN UNIVERSITAS PERTAMINA
Universitas Sriwijaya (UNSRI) dengan Universitas Pertamina (UP) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pada Jumat (11/10/2019) di rumah dinas Rektor Unsri yang terletak di Jalan Al Ghazali Bukit Besar Palembang. Dilakukannya ...

Kamis, 10 Oktober 2019 | [494 Dibaca] RAPAT SENAT TERBUKA DIES NATALIS KE 56 FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS SRIWIJAYA
Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya (Unsri) menggelar rapat senat terbuka dalam rangka Dies Natalis ke 56 Fakultas Pertanian Unsri, yang diselenggarakan di Gedung Serbaguna Pascasarjana Bukit Besar Palembang, Kamis ...

Jumat, 04 Oktober 2019 | [701 Dibaca] SIDANG SENAT TERBUKA DIES NATALIS KE 57 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SRIWIJAYA
Dalam rangka Dies Natalis ke 57 Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sriwijaya (Unsri) menggelar sidang senat terbuka yang berlangsung di Graha Sriwijaya Bukit Besar Palembang, Kamis (3/10/2019). Sidang senat tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua Senat dr. Elza Iskandar, SpM (K) ...

Arsip Berita » Feed
Senin, 23 September 2019 | [7212 Dibaca] PENGUMUMAN WISUDA KE-144 (NEW)
Terlampir kami sampaikan pengumuman wisuda ke-144 beserta lampirannya, pendaftaran akan dimulai tanggal 25 September s.d. 9 Oktober 2019.   Link Pendaftaran Wisuda ...

Jumat, 20 September 2019 | [746 Dibaca] LAPOR GOES TO CAMPUS - UNSRI PALEMBANG (NEW)
Hallo pemuda-pemudi kreatif di Palembang dan sekitarnya, dalam rangka Lapor! Goes To Campus, @Lapor1708 mengadakan Lomba Karya Tulis secara nasional dengan tema besar yang diangkat adalah “Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik melalui Pengaduan Masyarakat”. Dapatkan Piagam Penghargaan yang ditanda tangani Menteri PANRB, menjadi Guest Star dalam kegiatan SP4N-LAPOR! dan kesempatan karyamu dipublikasikan dalam Jurnal Kementerian PANRB. Pengumpulan karya telah dibuka, ayo ...

Selasa, 10 September 2019 | [931 Dibaca] PENGUMUMAN HASIL PENETAPAN KELULUSAN CALON MAHASISWA BARU S3 ILMU BIOMEDIS FAKULTAS KEDOKTERAN TAHUN 2019
Berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Sriwijaya nomor: 0267/UN9/SK.BAK.Ak/2019 tentang Penetapan Nama Calon Mahasiswa Baru Program Studi Sains Biomedis Program Doktor (S3) Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya (Periode Juli 2019), diumumkan bahwa nama-nama yang dinyatakan LULUS adalah sebagaimana yang tertulis pada lampiran pengumuman ini. Kepada calon mhs Yang dinyatakan lulus tersebut diatas, agar segera melakukan registrasi dan memenuhi semua persyaratan yg ditetapkan. Registrasi mahasiswa baru : Melalui website : ...

Kamis, 05 September 2019 | [16252 Dibaca] UPDATE DATA NIK MAHASISWA BIDIKMISI UNIVERSITAS SRIWIJAYA
Sehubungan dengan akan diprosesnya pencairan dana bantuan pendidikan Bidikmisi semester ganjil 2019/2020, seluruh mahasiswa penerima Bidikmisi diwajibkan meng-update data NIK (Nomor Induk Kependudukan) sesuai dengan KTP dan Kartu Keluarga yang diminta oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan paling lambat tanggal 10 September 2019. Untuk ituseluruh mahasiswa penerima Bidikmisi Universitas Sriwijaya diminta untuk segera mengisi formulir update data NIK secara online melalui tautan berikut ini: Silahkan klik ...

Jumat, 30 Agustus 2019 | [2271 Dibaca] PENDAFTARAN SULIET KHUSUS MAHASISWA BARU ANGKATAN 2019 UNIVERSITAS SRIWIJAYA (TANPA DIKENAI BIAYA PENDAFTARAN)
Diumumkan kepada seluruh mahasiswa baru angkatan 2019 Universitas Sriwijaya, bahwa pendaftaran SULIET tanpa dikenai biaya pendaftaran telah dibuka. Informasi pendaftaran, jadwal dan pelaksanaan pendaftaran SULIET khusus mahasiswa baru dapat diakses melalui alamat berikut: Silahkan klik di sini.   UPT Bahasa Universitas ...

Selasa, 13 Agustus 2019 | [3475 Dibaca] PENGUMUMAN PEMBAGIAN JADWAL WISUDA KE-143
Terlampir kami sampaikan pengumuman pembagian jadwal wisuda ...

Arsip Pengumuman » Feed

PENDIDIKAN

ARTIKEL

Senin, 08 April 2013 | [764639 Dibaca] JURNAL COMPUTER ENGINEERING AND APPLICATIONS (COMENGAPP) TELAH TERINDEKS DI DIRECTORY OF OPEN ACCESS JOURNAL (DOAJ)
Setelah Jurnal ComEnggApp berhasil terindeks oleh lembaga pengindeks Internasional seperti Copernicus, CORE, Google Schoolar, Newjour, Worldcat, dan Scridb. Serta terdaftar juga secara nasional di Portal Garuda. Alhamdulilah, Jurnal ComEngApp sebagai salah satu Jurnal Internasional...

Sabtu, 29 September 2012 | [763453 Dibaca] MEMBANGKITKAN ATMOSFIR RISET UNSRI
MEMBANGKITKAN ATMOSFIR RISET, PUSAT STUDI GEO ASET DAN PERUBAHAN IKLIM FAKULTAS MIPA MENGUNDANG PARA PAKAR Para mahasiswa Program Studi Fisika dan Program Studi Ilmu Kelautan Fakultas MIPA, dan mahasiswa Program Studi Teknik Pertambangan Fakultas Teknik mengikuti kuliah umum yang...

Sabtu, 12 Mei 2012 | [763741 Dibaca] IAES JOURNAL [FREE OF CHARGES]
Dear Prof / Dr / Researcher / Lecturers / StudentsInstitute of Advanced Engineering and Science (IAES). IAES is a non-profit international scientific association of distinguished scholars engaged in engineering and science devoted to promoting researches and technologies in engineering...

Selasa, 28 Februari 2012 | [2242977 Dibaca] INTERNATIONAL NEW MEDIA CONFERENCE - INMC-2012
INTERNATIONAL NEW MEDIA CONFERENCE - INMC-2012May 16-18, 2012www.inm-c.netIstanbul University, TURKEYDear Colleagues,We would like to invite you to submit proposals for the "International New Media Conference", which aims to provide a platform where...

Selasa, 28 Februari 2012 | [2281004 Dibaca] INTERNATIONAL CONFERENCE ON INTERDISCIPLINARY RESEARCH IN EDUCATION - ICOINE - 2012
INTERNATIONAL CONFERENCE ON INTERDISCIPLINARY RESEARCH IN EDUCATION - ICOINE - 2012May 15-17, 2012www.icoine.netSalamis Bay Conti Resort Hotel, North CyprusDear Colleagues,We would like to invite you to submit proposals for the "International Conference...

Arsip Pendidikan »
Sabtu, 25 April 2015 | [549718 Dibaca] LINDUNGI KARYA CIPTA ANAK BANGSA
  Banyaknya kasus Plagiasi yang dilakukan oleh insan akademik sebuah Perguruan Tinggi di Indonesia, membuat Kementrian RISTEK-DIKTI menggagas sebuah Forum Group Discussion pada acara Seminar Nasional Pencegahan dan Penanganan Plagiasi (16/4) di Jakarta. Ide tersebut muncul...

Jumat, 24 April 2015 | [577280 Dibaca] H-INDEX WOS ISI, SCOPUS DAN GOOGLE SCHOLAR
Saat ini di UNSRI sedang hangat tentang perhitungan H-Index SCOPUS, apalagi semenjak parameter ini menjadi salah satu syarat untuk dapat mengirimkan lebih dari satu...

Jumat, 27 Februari 2015 | [583220 Dibaca] MENGAPA SKRIPSI (KADANG) MENJADI PENUNDA KELULUSAN?
Ada mahasiswa yang menyelesaikan studi jenjang Strata 1 (sarjana) selama pas 4 tahun. Ada yang lebih lama, misalnya sampai menit terakhir yang diperbolehkan oleh aturan. Ada juga yang ngebut dan bisa selesai dalam tempo hanya 7 semester. Pada tingkat dunia ada beberapa bocah ajaib yang bisa...

Sabtu, 04 Mei 2013 | [633553 Dibaca] UNIVERSITAS SRIWIJAYA KAMPUS TERCERDAS DILUAR JAWA VERSI TESCA 2013
Menjadikan Unsri sebagai ‘worldclass university’ telah menjadi mimpi bersama dan tujuan yang ingin segera diwujudkan oleh segenap sivitas akademika, tenaga kependidikan dan juga alumni Universitas Sriwijaya. Berbagai  upaya dan langkah-langkah  strategis terus dikembangkan...

Sabtu, 27 April 2013 | [655243 Dibaca] KOMPUTERISASI PEMERIKSAAN HASIL UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Tanpa terasa sepuluh hari telah berlalu sejak UAN SMA dimulai 15 April lalu, berbagai pendapat dan wacana terlontar dari berbagai kalangan, baik yang peduli dengan pendidikan maupun yang hanya melihat momentum ini sebagai media untuk mengekspresikan diri. Bagi para Siswa, orang tua siswa, Guru,...

Arsip Artikel »