>
Selamat Datang Di Universitas Sriwijaya
Bahasa :

Lima Program Studi di Fakultas Pertanian Universitas Sriwijaya terakreditasi penuh pada Lembaga Akreditasi Internasional ASIIN

Setelah melalui serangkaian proses akreditasi dari Lembaga akreditasi internasional ASIIN, di hari ke dua Hari Raya Idhul Fitri 1445 H, tepatnya tanggal 11 April 2024, Universitas Sriwijaya, khususnya lima program studi di Fakultas Pertanian, yaitu Program Studi Agribisnis, Agronomi, Teknologi Hasil Pertanian, Proteksi tanaman dan Ilmu Tanah memperoleh Full Accreditation dari ASIIN yang berlaku selama 6 (enam) tahun hingga 30 September 2029. Keberhasilan ini merupakan rangkaian kerja sama, kerja keras dan kerja tuntas dari semua pihak, baik pada tingkat Universitas, Fakultas maupun Program Studi yang ingin proses akademik di Universitas Sriwijaya diakui di tingkat internasional.

Menoleh ke belakang tahapan yang dilalui cukup panjang dan penuh perjuangan dari semua pihak. Persiapan dokumen akreditasi dan penulisan Self Assessment Report (SAR) mulai dilakukan di tahun 2021 dan penyerahan dokumen SAR dilakukan pada tanggal 30 Oktober 2022, dan kunjungan asesor ASIIN di awal bulan Juli 2023. Jumlah asesor ASIIN yang hadir berjumlah tujuh orang yang terdiri dari empat orang dari pihak ASIIn dan tiga asesor dari Indonesia yang mewakili dosen, mahasiswa dan industri. Selanjutnya Program Studi mendapat feedback yang baik dari kunjungan lapangan dengan sedikit revisi di akhir tahun 2023. Tanggapan terhadap hasil revisi baru diumumkan pada tanggal 11 April 2024 dengan berita yang sangat mengembirakan bahwa lima program studi tersebut memperoleh Full Accreditation.

Fakultas Pertanian mengucapkan banyak terima kasih kepada Rektor Prof. Dr. Taufiq Marwa, S.E., M.Si. dan juga kepada Bapak Rektor Unsri periode 2019-2023 Prof. Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE. IPU. MKU. ASEAN Eng. APEC Eng yang telah memberikan dukungan yang luar biasa kepada Fakultas Pertanian khususnya kepada lima program studi yang mengajukan proses akreditasi internasional ini. Dengan diperolehnya full accreditation bagi lima program studi ini diharapkan dapat memotivasi program studi lainnya di Universitas Sriwijaya untuk mengajukan akreditasi internasional. Semakin banyak program studi di Universitas Sriwijaya yang terakreditasi internasional maka Langkah Unversitas Sriwijaya Tahap I menuju Rekognisi Internasional Di Kawasan ASEAN (2023-2027) segera tercapai.